SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA

Copyright © 2022 BeritaSatu
Allright Reserved

Cakap Bermedia Digital Lewat Konten Kreatif di Media Sosial

Senin, 4 Juli 2022 | 22:38 WIB
Oleh : Feriawan Hidayat / FER
Ilustrasi media sosial.

Jakarta, Beritasatu.com - Indonesia sedang mengalami transformasi digital. Di dalam media digital, setiap orang bebas mengeksplorasi dan berekspresi melalui konten-konten di media sosial (Medsos).

Digital Marketing Expert, Andri Hadi Prasetia Utama mengatakan, banyak milenial dan influencer gemar membuat akun YouTube dan TikTok.

Advertisement

"Sebagai milenial yang cakap digital, kita bisa mengeksplorasi inovasi atau kemampuan diri dalam bermedia digital,” ujar Andri Hadi Prasetia Utama, saat webinar #Makin Cakap Digital 2022 untuk masyarakat dan komunitas wilayah Kabupaten Madiun, Jawa Timur, dikutip keterangan tertulis yang diterima Beritasatu.com, Senin (4/7/2022).

Melalui media digital, jelas Andri, setiap orang diberikan keleluasaan dan kebebasan dalam mengakses informasi, komunikasi, dan bertransaksi. "Bahkan, sekarang di media digital kita bisa mengirim surat tanpa menggunakan kantor pos dan perangko," jelasnya.

Seiring perkembangan media digital, masyarakat bisa menggunakan aplikasi percakapan dan media sosial. Kegunaan kedua aplikasi ini semakin lengkap.

"Misalnya, sekarang sudah banyak aplikasi percakapan yang memiliki fitur dapat membagikan apa yang dilakukan oleh penggunanya sehari-hari," imbuhnya.

Namun, etika menggunakan media sosial dan aplikasi percakapan, semua orang saling bersinggungan, sehingga apa yang diutarakan berpotensi bermasalah untuk orang lain.

"Misal menyinggung orang lain atau menyakiti orang lain. Ini harus diantisipasi. Maka menggunakan aplikasi percakapan dan media sosial juga harus dibatasi secara aman dan tidak menyinggung orang lain,” kata Andri.

Seperti diketahui, pengguna internet di Indonesia pada tahun 2021 mengalami peningkatan, We Are Social mencatat kini pengguna internet di Indonesia mencapai 202,6 juta pengguna, di mana sebanyak 170 juta penggunanya menggunakan media sosial. Dapat dikatakan pengguna internet mencapai 61,8% dari total populasi Indonesia.

Menurut Survei Literasi Digital di Indonesia pada tahun 2021, Indeks atau skor Literasi Digital di Indonesia berada pada angka 3,49 dari skala 1-5. Skor tersebut menunjukkan bahwa tingkat literasi digital di Indonesia masih berada dalam kategori Sedang.

Sebagai respons untuk menanggapi perkembangan TIK ini, Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kemenkominfo) bersama Gerakan Nasional Literasi Digital (GNLD) Siberkreasi melakukan kolaborasi dan mencanangkan program Indonesia Makin Cakap Digital.

Program ini didasarkan pada empat pilar utama literasi digital yakni Kemampuan Digital, Etika Digital, Budaya Digital, dan Keamanan Digital. Melalui program ini, 50 juta masyarakat ditargetkan akan mendapat literasi digital pada tahun 2024.



Saksikan live streaming program-program BeritaSatu TV di sini

Sumber: BeritaSatu.com


BERITA TERKAIT



BERITA LAINNYA












BERITA TERPOPULER


#1

#2

#3

#4

#5

#6

#7

#8

#9

#10

TERKINI