Copyright © 2022 BeritaSatu
Allright Reserved

Cara Cek Resi Pengiriman Ekspedisi, Mudah dan Gratis

Kamis, 11 Agustus 2022 | 15:05 WIB
Oleh : Feriawan Hidayat / FER
Ilustrasi jasa ekspedisi.

Jakarta, Beritasatu.com - Banyaknya pilihan marketplace serta penyedia jasa ekspedisi memang sangat membantu masyarakat dalam melakukan berbagai transaksi. Memfasilitasi kenyamanan dalam melacak keberadaan barang, pengirim bisa menggunakan jasa cara cek resi gratis yang tersedia di internet.

Owner resimu.net, Doni Kurnia, mengatakan, ketika melakukan pelacakan pengiriman barang, tentunya pelanggan ingin mendapat informasi yang akurat, dan kemudahan dalam prosesnya. Selain itu, akan sangat efisien jika layanan tersebut menyediakan pelacakan untuk banyak jasa ekspedisi sekaligus.

"Aktivitas online shopping yang semakin meningkat membuat platform layanan cek resi menjadi sebuah hal yang sangat penting dalam proses jual beli. Resimu.net adalah sebuah website yang menyediakan layanan cek resi J&T, JNE dan banyak ekspedisi lainnya dengan mudah dan akurat," ujar Doni Kurnia, di Jakarta, Kamis (11/8/2022).

Doni menjelaskan, resimu.net hadir meramaikan pasar bersama jasa cek resi lain di internet. User interface atau tata letak antarmuka pengguna laman ini sangat sederhana. Tujuannya, untuk memudahkan pengguna, baik pengirim maupun penerima barang, ketika melakukan penelusuran pengiriman.

"Saat ini, cek resi ke semua ekspedisi bisa dilakukan dengan mudah dan praktis. Hanya tinggal buka laman resimu.net dan memasukan nomor resi, kemudian tekan tombol cek resi, dan detail pengiriman akan terbaca dengan jelas dan akurat," jelasnya.

Memiliki tata letak antarmuka yang sederhana, pengguna tidak akan kebingungan mencari kolom tempat memasukan nomor resi. "Laman resimu.net juga memberikan panduan dan penjelasan singkat mengenai nomor resi pengiriman dan dimana pengguna bisa mencarinya dengan mudah," imbuhnya.

Menurut Doni, komposisi dan format nomor resi setiap jasa ekspedisi berbeda-beda, tetapi umumnya terdiri dari gabungan 10 angka hingga 20 angka, huruf, dan/atau karakter.

Pengirim barang, contohnya dari marketplace, biasanya bisa menemukan nomor resi barang yang dikirim yang tertera dalam label pengiriman (jika menggunakan resi cashless/bebas ongkir).

"Apabila pengiriman dilakukan secara manual, maka cukup meminta dan meneliti resi di tanda bukti pembayaran pengiriman. Biasanya nomor resi atau airway bill tersebut berada di bawah barcode di lembar pengirim. Sebaliknya, untuk penerima barang, jika berbelanja secara online, maka nomor resi biasanya sudah akan masuk secara otomatis di akun marketplace," tambahnya.

Cara cek resi lainnya dapat dilakukan dengan meminta langsung nomor resi pengiriman kepada pengirim barang. Setelah nomor resi barang yang dikirim terdeteksi, selanjutnya kamu cukup masuk ke situs resimu.net, kemudian menyalin atau mengetik nomor resi ekspedisi dengan tepat di bagian kolom "Input Nomor Resi".

Cek ulang terlebih dahulu nomor resi yang dimasukan. Jika nomor resi yang dimasukan sudah tepat, pengguna hanya perlu menekan ikon lup (kaca pembesar) dengan keterangan "Cek Resi" di bawahnya.

Pengguna tidak perlu repot memilih jasa ekspedisi apa yang digunakan untuk pengiriman barang karena mesin resimu.net akan melacak secara otomatis.

"Pencarian membutuhkan waktu untuk melacak nomor resi, tapi durasi yang diperlukan umumnya hanya dalam hitungan detik.
Hasil pencarian akan langsung muncul di bawah kolom input nomor resi dengan judul status paket," pungkasnya.



Saksikan live streaming program-program BeritaSatu TV di sini

Sumber: BeritaSatu.com


BERITA TERKAIT



BERITA LAINNYA












BERITA TERPOPULER


#1

#2

#3

#4

#5

#6

#7

#8

#9

#10

TERKINI