Copyright © 2022 BeritaSatu
Allright Reserved

Ingin Cakap Berjualan di Media Sosial? Perhatikan Ini!

Sabtu, 13 Agustus 2022 | 10:50 WIB
Oleh : Hendro D Situmorang / CLA
Ilustrasi berjualan online.

Jakarta, Beritasatu.com - Salah satu kecakapan bermedia digital yang sangat diperlukan adalah mampu melakukan penjualan secara online menggunakan media sosial.

Ketua Divisi Kemitraan Siberkreasi, Oktora Irahadi mengatakan, penjualan melalui media sosial bila ditinjau dari perspektif cakap digital perlu memperhatikan tiga hal, sehingga bisa cakap berjualan dengan media sosial media.

"Pertama, memahami dan mengetahui semua fungsi dari setiap fitur yang ada di media sosial. Kedua, paham kelemahan dan keunggulan dari setiap media sosial. Terakhir, mampu menguasai copywriting yang baik," ujar Oktora Irahadi dalam webinar "Konsep Bisnis Digital: Selling Through Social Media" yang digelar Kemenkominfo dengan Gerakan Nasional Literasi Digital Siberkreasi, pada keterangannya Sabtu, (13/8/2022).

Wakil Ketua Umum Siberkreasi, Mira Sahid, menjelaskan penjualan dan pembelian produk secara digital melalui media sosial menjadi hal yang sangat lumrah belakangan ini.

"Dalam berjualan pun ada etikanya, baik bagi penjual ataupun pembeli, seperti tidak boleh memberikan informasi palsu dan saling menghormati, serta tidak berlaku diskriminatif,” ujar Mira Sahid.

Ketua Prodi Manajemen Pemasaran Politeknik APP Jakarta dan Praktisi Literasi Digital, Aji Kresno, menyatakan bila ditinjau dari perspektif pilar aman digital, aktivitas transaksi menjadi hal yang penting dan perlu diperhatikan oleh para penjual dan pembeli di era digital ini.

Ia pun mengungkapkan tiga hal yang perlu diperhatikan agar dapat merasakan keamanan dan kenyamanan saat berjualan secara online di media sosial.

"Pertama, berikan watermark pada konten Anda. Kedua selalu berikan brand identity pada konten Anda. Terakhir, jangan mudah percaya kepada apapun di media sosial, dan selalu melakukan cek jika menerima informasi pembayaran dari customer,” pungkas Aji Kresno.



Saksikan live streaming program-program BeritaSatu TV di sini

Sumber: BeritaSatu.com


BERITA TERKAIT



BERITA LAINNYA












BERITA TERPOPULER


#1

#2

#3

#4

#5

#6

#7

#8

#9

#10

TERKINI