Copyright © 2022 BeritaSatu
Allright Reserved

Kaki Kram Bikin Nggak Nyaman, Apa Penyebabnya?

Jumat, 19 Agustus 2022 | 17:45 WIB
Oleh : Claudia Ramadhani / CLA
Mengalami kaki kram tentu sangat tidak nyaman, Anda akan kesulitan untuk berjalan bahkan sekadar untuk berdiri, kira-kira apa penyebab kaki kram?

Jakarta, Beritasatu.com - Kaki kram adalah jenis kram otot yang paling sering terjadi, baik itu di area lengkung kaki, dekat jari-jari kaki, atau di bagian atas kaki.

Kram otot adalah kontraksi otot yang tidak disengaja. Seperti kram otot lainnya, kaki kram dapat menyebabkan munculnya nyeri ringan hingga intens. Kaki kram memang merupakan kondisi umum, tapi jika masalah ini terjadi secara berulang, maka Anda sebaiknya mengonsultasikannya dengan dokter.

Melansir dari Medical News Today, ada banyak penyebab kaki kram yang bisa terjadi, seperti:

Kadar kalium rendah
Kalium adalah elektrolit yang dapat membantu mengontrol fungsi pergerakan dan pemeliharaan otot. Saat kadar kalium menjadi terlalu rendah, kaki kram mungkin menjadi salah satu gejala yang tak terhindari.

Waspadalah jika kadar kalium Anda sering rendah, karena kemungkinan Anda mengalami hipokalemia. Seseorang yang mengalami hipokalemia, bisa mengalami sejumlah gejala, seperti:

Tak hanya orang awam, bahkan atlet sekalipun jika melakukan olahraga secara berlebihan bisa mengalami kram otot, terutama pada bagian kaki. Menurut sebuah ulasan pada tahun 2019, kram otot terkait olahraga adalah kondisi yang paling sering memerlukan pengobatan medis, pada orang yang kesehariannya intens berolahraga.

Jika seseorang memaksakan diri untuk terus melakukan olahraga secara berlebihan, otot dalam tubuh akan dipaksa untuk bekerja terlalu keras, sehingga bisa menyebabkan kaki kram.

Olahraga memang baik, tapi Anda tak perlu memaksakan diri, yang malah bisa berdampak buruk untuk kesehatan tubuh Anda. Cukup sisihkan waktu selama 150 menit dalam seminggu untuk berolahraga. Ingat, tubuh Anda juga perlu istirahat.

Dehidrasi
Saat seseorang mengalami dehidrasi, tubuh akan kekurangan sejumlah air yang diperlukan untuk membuat organ tubuh berfungsi secara optimal. Dehidrasi, dapat menyebabkan kaki kram, dan juga kram otot di bagian tubuh lainnya.

Ada beberapa hal yang bisa menjadi penyebab dehidrasi, seperti:

Ada beberapa gejala dehidrasi yang memerlukan perhatian khusus, karena mungkin seseorang yang mengalaminya sudah membutuhkan perawatan medis. Gejala dehidrasi serius yang perlu diperhatikan yakni:

Pemakaian sepatu yang terlalu ketat
Ketika sepatu yang Anda pakai sudah terlalu ketat, ini bisa menghambat aliran darah ke kaki. Saat aliran darah terhambat, maka kaki kram bisa jadi tidak terhindari. Tanda-tanda alas kaki atau sepatu Anda terlalu ketat dan harus diganti antara lain:

Pakailah sepatu dengan ukuran yang pas dan sesuai, sehingga sirkulasi darah di kaki tetap berjalan lancar, dan Anda pun tak perlu mengalami ketidaknyamanan akibat kaki kram.

Efek samping obat
Konsumsi beberapa jenis obat bisa menyebabkan kram otot, termasuk membuat Anda kerap mengalami kaki kram. Beberapa obat tersebut antara lain:

Akan tetapi, efek obat-obatan ini pada setiap orang mungkin berbeda, tak semua orang akan mengalami kram otot setelah mengonsumsi obat-obatan ini.



Saksikan live streaming program-program BeritaSatu TV di sini

Sumber: BeritaSatu.com


BERITA LAINNYA












BERITA TERPOPULER


#1

#2

#3

#4

#5

#6

#7

#8

#9

#10

TERKINI