Copyright © 2022 BeritaSatu
Allright Reserved

Dugaan Pencemaran Nama Baik, Titi Sumawijaya dan Jack Boyd Divonis Bebas

Senin, 17 Januari 2022 | 22:46 WIB
Oleh : Bernadus Wijayaka / BW
Sidang di Pengadilan Negeri Jakarta Selatan dengan terdakwa I Titi Sumawijaya dan terdakwa II Jack Boyd Lapian, Senin 17 Januari 2022.

Jakarta, Beritasatu.com - Hakim Ketua Elfian di Pengadilan Negeri Jakarta Selatan memutuskan terdakwa I Titi Sumawijaya dan terdakwa II Jack Boyd Lapian tidak bersalah dalam kasus dugaan pencemaran nama baik terkait pendiri Kaskus Andrew Darwis.

Titi dan Jack Boyd tidak terbukti secara sah dan meyakinkan melakukan tindak pidana sebagaimana Dakwaan Alternatif Pertama Pasal 27 ayat (3) jo Pasal 45 ayat (3) UU RI Nomor 19 tahun 2016 tentang Perubahan atas UU RI Nomor 11 tahun 2008 tentang Informasi dan Transaksi Elektronik jo Pasal 55 ayat (1) ke-1 KUHP, Dakwaan Alternatif Kedua Pasal 311 ayat (1) KUHP jo Pasal 55 ayat (1) ke-1 KUHP maupun Dakwaan Alternatif Ketiga Pasal 310 ayat (1) KUHP jo Pasal 55 ayat (1) ke-1 KUHP.

"Menuntut terdakwa I Titi Sukmawijaya Empel dan terdakwa II Jack Boyd Lapian karena tidak terbukti bersalah dengan tuntutan dibebaskan dan memulihkan hak-hak sebagai terdakwa," ucap Hakim Ketua Elfian di Pengadilan Negeri Jakarta Selatan, Senin (17/1/2022).

Dalam pertimbanganya, hakim menilai pernyataan Jack Lapian dan Titi Sumawijaya bukan merupakan pencemaran nama baik. Melainkan sebagai upaya untuk menyampaikan atau memviralkan laporan polisi Titi Sumawijaya terhadap Andrew Darwis agar segera diproses di Polda Metro Jaya.

"Apa yang dilakukan terdakwa satu dan terdakwa dua bukanlah dimaksudkan untuk mencemarkan atau melakukan penghinaan terhadap saksi Andrew Darwis," kata Elfian.

"Perbuatan terdakwa satu dan dua ditunjukkan agar laporan polisi tersebut menjadi viral dan segera diproses buat kepentingan terdakwa satu yang memperjuangkan haknya sebagai korban yang kehilangan tanah bangunan di daerah Melawai Jakarta Selatan," paparnya.

Majelis hakim dalam putusannya membebaskan kedua terdakwa Titi Sumawijaya dan Jack Boyd Lapian yang tidak memenuhi unsur yang didakwa.

“Alhamdullilah keputusan hakim sudah memperjelas dan membuktikan kami tidak terbukti bersalah, keadilan dalam persidangan hari ini telah ditegakan. Saya mengucapkan terima kasih kepada hakim dan jaksa yang telah memberikan keadilan buat saya,” kata Titi Sumawijaya seusai sidang.



Saksikan live streaming program-program BeritaSatu TV di sini

Sumber: BeritaSatu.com


BERITA TERKAIT



BERITA LAINNYA












BERITA TERPOPULER


#1

#2

#3

#4

#5

#6

#7

#8

#9

#10

TERKINI