Copyright © 2022 BeritaSatu
Allright Reserved

Kasus Covid-19 di Jakarta Meningkat, Satgas: Tetap Lakukan Pemantauan

Selasa, 18 Januari 2022 | 22:12 WIB
Oleh : Hendro D Situmorang / WM
Ketua Bidang Perubahan Perilaku Satgas Covid-19, Sonny Harry B Harmadi.

Jakarta, Beritasatu.com - Ketua Bidang Perubahan Perilaku Satgas Penanganan Covid-19, Sonny Harry B Harmadi menegaskan, pihaknya tetap terus melakukan sosialisasi dan razia protokol kesehatan (prokes) terhadap perkembangan kondisi di seluruh daerah.

Hal ini menanggapi dalam 3 hari ke belakang, penyumbang terbanyak kasus Covid-19 dari DKI Jakarta.

"Pemantauan terus kami lakukan baik Satgas Covid-19 nasional maupun daerah terhadap perkembangan kondisi di seluruh daerah. Dalam pemantauan kita mengikuti PPKM level. Sebenarnya indikator PPKM sudah jelas dalam Inmendagri baik laju kasus dan kapasitas respons. 2 hal ini Satgas pantau terus," katanya ketika dihubungi Beritasatu.com, Selasa (18/1/2022).

Untuk kapasitas respons yakni testing, tracing, bed occupancy rate (BOR), bagaimana laju terkonfirmasinya, kasus terkonfirmasi harian, jumlah pasien yang dirawat, kematian dan lainnya.

"Jadi semua masih terkendali dan evaluasinya sekarang menjadi lebih sering dan ketat, dari dua mingguan menjadi seminggu. Jadi ada alarm. Kasus kan kalau tidak terkendali itu kasusnya lebih dari 10 per 1 juta penduduk," urai dia.

Menurutnya, untuk wilayah Jakarta dengan penduduk 10 juta, berarti 100 kasus dalam 1 hari, artinya ini perlu pemantauan secara khusus. Jadi kebijakannya mengikuti PPKM Level, tetapi Satgas akan lebih intensif dalam memantau perkembangan kasus Covid-19.

Sementara untuk pendisiplinan protokol kesehatan (prokes) terus dilakukan. Jakarta memang banyak disumbang kasus Covid-19 dari para pelaku perjalanan luar negeri (PPLN).

"Yang penting karantinanya kuat, sistem surveilans kita yakni tracing dan testing kuat di Jakarta khususnya. Jakarta jauh melebihi standar WHO 9 hingga 10 kali lipat dari target testing, artinya masih bagus kemampuan deteksi testingnya. Target testing Indonesia itu 270.000, minimal testing harian 1 per 1.000 penduduk dalam seminggu," kata Sonny.



Saksikan live streaming program-program BeritaSatu TV di sini

Sumber: BeritaSatu.com


BERITA TERKAIT



BERITA LAINNYA












BERITA TERPOPULER


#1

#2

#3

#4

#5

#6

#7

#8

#9

#10

TERKINI