Copyright © 2022 BeritaSatu
Allright Reserved

RS Sari Asih Ciputat Sebut 1 Pasien Omicron Meninggal Dunia pada 12 Januari

Minggu, 23 Januari 2022 | 15:09 WIB
Oleh : Chairul Fikri / JEM
Ilustrasi virus Covid-19 varian baru Omicron.

Tangerang Selatan, Beritasatu.com - Pihak Rumah Sakit Sari Asih Ciputat, Kota Tangerang Selatan (Tangsel), Banten menyampaikan pasien Covid-19 varian Omicron bersumber dari transmisi lokal yang dilaporkan meninggal dunia di rumah sakit tersebut, peristiwa meninggalnya pasien tersebut terjadi pada 10 hari yang lalu atau tepatnya pada 12 Januari 2022.

Hal itu berdasarkan kronologis kejadian yang disampaikan Humas RS Sari Asih Ciputat, Akhmad Koharudin dalam keterangannya yang diterima Beritasatu.com, Minggu (23/1/2022).

Dijelaskan Akhmad, pasien tersebut berinisial Mr, berusia 64 tahun. "Pasien datang ke IGD RS Sari Asih Ciputat pada tanggal 11 Januari 2022 dengan beberapa keluhan dan penurunan kesadaran," kata Akhmad Koharudin.

Kemudian dari hasil observasi, kata Ahmad, pasien memiliki riwayat penyakit komorbid. Saat dilakukan diagnosa penyakit melalui rontgen, tes antigen dan swab PCR, pasien dinyatakan positif Covid-19.

"Karena kondisi pasien (yang parah), dari IGD kemudian dirawat di ruang ICU isolasi untuk mendapatkan perawatan intensif. Esoknya pada hari kedua perawatan di ICU isolasi, pasien meninggal dunia pada tanggal 12 Januari 2022," sebut Akhmad.

Meski begitu, kata Akhwan, pihak RS Sari Asih Ciputat belum bisa menentukan apakah pasien tersebut meninggal akibat varian Omicron atau varian Covid-19 lainnya.

Ahwan menjelaskan, pasien yang diduga terinfeksi Covid-19 varian Omicron harus berdasarkan pemeriksaan S-Gene Target Failure (SGTF), namun belum dilakukan pemeriksaan secara whole genome sequencing (WGS).

"Kepastian jenis varian hanya dapat dilakukan melalui pemeriksaan WGS dan baru direncanakan pemeriksaan WGS di beberapa hari kemudian. Karena untuk menegakkan diagnosa Omicron memerlukan 3 tahapan, yaitu RT PCR, SGTF, dan genom sequencing. Namun di hari kedua isolasi yang bersangkutan sudah meninggal di ruang ICU perawatan isolasi," tukasnya.

Hingga berita ini diturunkan belum ada pernyataan resmi dari pihak Dinas Kesehatan Kota Tangerang Selatan terkait meninggalnya pasien tersebut di RS Sari Asih Ciputat apakah sudah menjalani WGS atau belum, namun sudah ditetapkan sebagai pasien Covid-19 varian Omicron.

Namun demikian, Kepala Dinas Kesehatan Kota Tangerang Selatan, dr Alin Hendarlin Mahdaniar hanya menegaskan bahwa benar ada satu pasien Omicron yang meninggal di wilayahnya.

"Benar, informasi selanjutnya nanti yah," ujarnya.

Sebelumnya pada Sabtu (22/1/2022), Kementerian Kesehatan (Kemenkes) mengumumkan 2 pasien Omicron, varian baru Covid-19 meninggal dunia. Salah satu pasien meninggal dunia merupakan kasus transmisi lokal dan meninggal di RS Sari Asih Ciputat. Satu lagi merupakan pelaku perjalanan luar negeri atau PPLN dan meninggal dunia di RSPI Sulianti Saroso.

“Satu kasus merupakan transmisi lokal, meninggal di RS Sari Asih Ciputat dan satu lagi merupakan pelaku perjalanan luar negeri, meninggal di RSPI Sulianti Saroso,” kata Juru Bicara Kemenkes Siti Nadia Tarmizi, dalam keterangan pers, Sabtu (22/1/2021).



Saksikan live streaming program-program BeritaSatu TV di sini

Sumber: BeritaSatu.com


BERITA TERKAIT



BERITA LAINNYA












BERITA TERPOPULER


#1

#2

#3

#4

#5

#6

#7

#8

#9

#10

TERKINI