Copyright © 2022 BeritaSatu
Allright Reserved

Masuk Indonesia Tanpa Izin, 2 Awak Pesawat Kargo Diperiksa Imigrasi

Minggu, 23 Januari 2022 | 17:57 WIB
Oleh : Chairul Fikri / CAR
Ilustrasi bandar udara.

Tangerang, Beritasatu.com - Dua orang awak pesawat kargo non-reguler asal Tiongkok diamankan oleh Kantor Imigrasi Bandara Soekarno-Hatta (Soetta), Kamis (20/1/2022). Keduanya tidak melaporkan diri masuk ke wilayah Indonesia.

Kepala Kantor Imigrasi Soetta, Romi Yudianto mengatakan penanggung jawab alat angkut harus memberitahukan kedatangan kepada pihak imigrasi, 48 jam sebelum kedatangan untuk pesawat non-reguler. Selain itu juga harus menyerahkan daftar penumpang dan awak alat angkut untuk diserahkan kepada pejabat imigrasi.

Romi menyatakan hal tersebut sesuai Permenkumham Nomor 44 Tahun 2015, Pasal 4 Ayat 1 huruf a dan b.

“Jadi, berdasarkan kronologisnya, telah tiba dua orang warga negara Tiongkok yang merupakan crew alat angkut CP Airlines dengan nomor penerbangan CYZ251. Penerbangan tersebut merupakan penerbangan non-reguler pengangkut barang atau cargo di bawah tanggung jawab sebuah PT berinisial URI,” kata Romi, Minggu (23/1/2022).

“Namun, dua orang tersebut tidak didaftarkan dalam manifes crew pesawat tersebut, sehingga kami menduga crew tersebut melakukan pelanggaran tertera pada Permenkumham Nomor 44 Tahun 2015 tersebut,” ungkap Romi.

Atas dugaan pelanggaran tersebut, dua awak pesawat kargo tersebut untuk sementara diperiksa dan ditahan di tempat pemeriksaan imigrasi Soetta.

“Jika memang ditemukan pelanggaran, maka terhadap awak alat angkut tersebut akan kita kenai sanksi sesuai dengan peraturan perundang-undangan terkait keimigrasian yang berlaku,” tegasnya.

Romi juga menyatakan pihaknya tak hanya memeriksa dua orang dimaksud. PT URI sebagai perusahaan kargo yang mendatangkan dua awak itu juga bakal diperiksa.

“Jika pelanggaran tersebut terbukti, PT URI selaku penanggung jawab alat angkut dapat dikenai sanksi sesuai peraturan dan perundang-undangan terkait keimigrasian yang berlaku,” kata Romi.



Saksikan live streaming program-program BeritaSatu TV di sini

Sumber: BeritaSatu.com


BERITA TERKAIT



BERITA LAINNYA












BERITA TERPOPULER


#1

#2

#3

#4

#5

#6

#7

#8

#9

#10

TERKINI