Copyright © 2022 BeritaSatu
Allright Reserved

Dirjen Bina Pemdes Kemendagri Tinjau Program Pamsimas Desa Sumber Jaya

Minggu, 23 Januari 2022 | 23:05 WIB
Oleh : Carlos KY Paath / CAR
Direktur Jenderal Bina Pemerintahan Desa Kementerian Dalam Negeri Yusharto Huntoyungo (keenam kiri) meninjau pelaksanaan program Penyediaan Air Minum Dan Sanitasi Berbasis Masyarakat Desa Sumber Jaya, Kecamatan Tambun Selatan, Kabupaten Bekasi, Sabtu, 22 Januari 2022.

Bekasi, Beritasatu.com - Direktur Jenderal (Dirjen) Bina Pemerintahan Desa (Pemdes) Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri) Yusharto Huntoyungo meninjau pelaksanaan program Penyediaan Air Minum dan Sanitasi Berbasis Masyarakat (Pamsimas) Desa Sumber Jaya, Kecamatan Tambun Selatan, Kabupaten Bekasi, Sabtu (22/1/2022).

Yusharto mengatakan program Pamsimas di Desa Sumber Jaya merupakan salah satu fasilitas Pamsimas yang telah diimplementasikan secara nasional.

“Program Pamsimas di Desa Sumber Jaya ini menjadi salah satu fasilitas Pamsimas yang aktif dengan dikelola dan dikembangkan dalam bentuk BUMDes (Badan Usaha Milik Desa) Agrapana dengan usaha di antaranya yakni air minum kemasan,” kata Yusharto dalam keterangannya, Minggu (23/1/2022).

Jumlah penduduk Desa Sumber Jaya, terbesar di Kabupaten Bekasi atau sekitar 112.000 orang yang tersebar di 58 RW dan 381 RT. Kondisi ini, menurut Yusharto, menunjukkan potensi yang sangat besar terkait pemasaran produk BUMDes.

“Dapat memberikan keuntungan secara konkrit baik bagi pemerintah desa melaui pendapatan asli desa (PAD) dan kebermanfaatan bagi masyarakat melalui ketersediaan air minum yang bersih, sehingga dapat meningkatkan taraf kesehatan masyarakat di Desa Sumber Jaya,” ujar Yusharto.

Sementara itu, Kepala Dinas Pemberdayaan dan Masyarakat Desa Kabupaten Bekasi Ida Farida mengatakan Pemerintah Kabupaten (pemkab) Bekasi siap memfasilitasi kebutuhan dari Desa Sumber Jaya.

“Khususnya terkait optimalisasi pengelolaan program Pamsimas melalui BUMDes. Salah satunya, yakni dengan menyediakan Mobil Aspirasi Kampung Juara (Maskara) untuk mendukung operasionalisasi kegiatan BUMDes dan penyediaan pelayanan publik bagi masyarakat,” kata Ida.

Kepala Desa Sumber Jaya, Matam mengucapkan terima kasih atas program Pamsimas dari pemerintah pusat. Dengan hadirnya program Pamsimas ini, menurutnya, pemerintah desa tidak hanya mampu menyediakan kebutuhan air bersih bagi masyarakat, tetapi juga dapat mengelolanya sebagai BUMDes.

“Harapannya, mampu memberikan keuntungan ekonomi baik bagi pemerintah desa maupun masyarakat setempat. BUMDesa Agrapana ke depannya juga diharapkan mampu memperluas jangkauan pemasaran dengan produk unggulan, yakni air minum kemasan ke beberapa desa lain di Kabupaten Bekasi,” kata Matam.



Saksikan live streaming program-program BeritaSatu TV di sini

Sumber: BeritaSatu.com


BERITA TERKAIT



BERITA LAINNYA












BERITA TERPOPULER


#1

#2

#3

#4

#5

#6

#7

#8

#9

#10

TERKINI