Copyright © 2022 BeritaSatu
Allright Reserved

Kota Bogor Tunggu HasilWhole Genome Sequencing

Selasa, 25 Januari 2022 | 10:32 WIB
Oleh : Vento Saudale / JAS
Ilustrasi Covid-19 varian Omicron

Bogor, Beritasatu.com - Satgas Covid-19 menunggu hasil Whole Genome Sequencing (WGS) terhadap lima kasus guna mengetahui apakah terdapat varian Omicron dalam kenaikan kasus Covid-19 di Kota Bogor.

Kepala Dinas Kesehatan (Dinkes) Kota Bogor, Sri Nowo Retno menjelaskan, selama satu pekan terakhir, tercatat dengan konfirmasi tertinggi terjadi pada Sabtu (22/01/2022) dengan 36 kasus baru.

"Dari 36 kasus dengan rincian terbanyak berasal dari klaster keluarga sebesar 51,52%, aktivitas perjalanan luar kota sebesar 33,33% dan nonklaster atau tidak ada riwayat kontak dengan kasus positif dan merasa tidak bepergian sebanyak 13,13%," kata Retno, Senin (24/1/2022).

Menurutnya, sampai saat ini Covid-19 varian Omicron belum terdeteksi, tetapi ada indikasi. Dinkes Kota Bogor tengah melakukan Whole Genome Sequencing (WGS) terhadap lima kasus.

“Kami juga sudah follow up ke LIPI namun belum ada hasilnya sehingga kami masih menunggu. Kami juga mengirimkan 9 sampel kasus dari rumah sakit untuk diperiksa WGS,” kata Retno.

Sementara, Wali Kota Bogor Bima Arya menegaskan, guna mewaspadai Omicron, surveilans akan diperkuat, termasuk akselerasi vaksin dan booster, sosialisasi yang masif terkait kriteria isolasi terfokus atau isolasi mandiri bagi yang terpapar, termasuk di dalamnya gejala-gejala varian Omicron seperti apa.

"Kepada Diskominfo agar menyampaikan pesan sosialisasi kepada warga terkait situasi yang tidak biasa. Tampilkan update angka-angka yang jelas dan singkat," katanya.

Kemudian, untuk internal di Pemkot Bogor Bima Arya meminta untuk mengatur kembali rapat-rapat tatap muka, kunjungan kerja, acara-acara dan yang lainnya, demikian juga untuk pihak lainnya.

"Kita sampaikan kepada publik kondisinya seperti apa dan kita bertindak, berkoordinasi sesuai dengan aturan sampai ada arahan terkait perubahan kebijakan dari pemerintah pusat," jelasnya.



Saksikan live streaming program-program BeritaSatu TV di sini

Sumber: BeritaSatu.com


BERITA TERKAIT



BERITA LAINNYA












BERITA TERPOPULER


#1

#2

#3

#4

#5

#6

#7

#8

#9

#10

TERKINI