Copyright © 2022 BeritaSatu
Allright Reserved

Polres Tangerang Kota Gagalkan Penyelundupan 4 Liter Sabu Cair dari Meksiko

Selasa, 25 Januari 2022 | 20:47 WIB
Oleh : Chairul Fikri / CAR
Kabid Humas Polda Metro Jaya Kombes Pol Endra Zulpan didampingi Kapolres Metro Tangerang, dan pihak Bea Cukai saat pengungkapan kasus Narkotika sabu cair.

Tangerang, Beritasatu.com - Satuan Reserse dan Narkoba (Satresnarkoba) Polres Metro Tangerang Kota bersama Bea Cukai pusat, berhasil menggagalkan penyelundupan narkotika jenis sabu cair dari Meksiko. Sabu seberat 4 liter yang dikirim dari Meksiko tersebut, dikemas dalam 8 botol kemasan baby oil.

Satu orang kurir narkoba dari jaringan internasional berinisial RK, berhasil ditangkap di kawasan Cengkareng, Senin (17/1/2022). Hal itu disampaikan Kabid Humas Polda Metro Jaya, Kombes Pol Endra Zulpan dalam keterangan persnya di Mapolrestro Tangerang Kota, Selasa (25/1/2022).

“Jadi, berdasarkan informasi dari Bea Cukai tentang adanya pengiriman narkotika dari Meksiko yang dikirim melalui jasa ekspedisi internasional, tim Satres Narkoba Polrestro Tangerang Kota langsung bergerak dengan melakukan penyelidikan dan berhasil mengamankan seorang kurir berinisial RK,” kata Zulpan.

Dari RK, polisi berhasil mengamankan barang bukti berupa 12 botol baby oil. Setelah dilakukan penelitian laboratorium, ada 8 botol yang dicurigai mengandung methamphetamine.

“Di mana 8 botol yang kita temukan ada kandungan methamphetamine itu masing-masing seberat 500 mililiter yang dikalikan 8 botol menjadi 4 liter. Bila diolah lagi dengan mencampur cairan kimia akan mengkristal dan menghasilkan 16 kilogram sabu. Sementara yang 4 botol tidak terkandung methamphetamine,” katanya.

“Selain itu, kita juga amankan satu buah HP (telepon genggam) merek Xiaomi, satu unit sepeda motor merek Yamaha B.3811 CBY dan satu buah resi pengambilan barang. Saat ini kita terus mendalami penyelidikan terkait siapa yang nantinya akan mengkonversi sabu tersebut dan untuk diedarkan di mana,” imbuhnya.

Zulpan menyebut penyelundupan sabu jenis cair ini merupakan modus baru dalam dunia narkotika. Para pelaku penyelundupan narkotika mencoba memanfaatkan kelengahan petugas dengan menyamarkan narkotikanya dalam bentuk cair.

“Tersangka RK ini sudah kita tetapkan sebagai tersangka dengan persangkakan pelanggaran Pasal 114 ayat 2 subsider Pasal 112 ayat 2 UU 35/2009 tentang Narkotika dengan ancaman pidana mati, seumur hidup atau paling singkat 6 tahun dan paling lama 20 tahun. Kepada pemasoknya di Meksiko, kita juga akan berkoordinasi dengan pihak Interpol untuk bisa mengungkap pengirimnya,” ujarnya.



Saksikan live streaming program-program BeritaSatu TV di sini

Sumber: BeritaSatu.com


BERITA TERKAIT



BERITA LAINNYA












BERITA TERPOPULER


#1

#2

#3

#4

#5

#6

#7

#8

#9

#10

TERKINI