Copyright © 2022 BeritaSatu
Allright Reserved

Perkara Penipuan CPNS, Anak Nia Daniaty Terancam 4 Tahun Penjara

Rabu, 26 Januari 2022 | 18:35 WIB
Oleh : Markus Junianto Sihaloho / FFS
Olivia Nathania mengenakan baju tahanan berwarna orange dengan tangan ditutup oleh kain berwarna hitam saat keluar dari gedung Ditreskrimum Polda Metro Jaya, Kamis, 11 November 2021 sekitar pukul 20.18 WIB

Jakarta, Beritasatu.com - Terdakwa kasus dugaan penipuan calon pegawai negeri sipil (CPNS) Olivia Nathania, yang juga anak artis senior Nia Daniaty, terancam hukuman 4 tahun penjara. Hal ini diketahui dari dakwaan yang dibacakan jaksa penuntut umum (JPU) dalam sidang perdana yang berlangsung secara hybrid di Pengadilan Negeri Jakarta Selatan (PN Jaksel), Rabu (26/1/2022).

Olivia hadir di persidangan secara virtual dari ruang tahanan Polda Metro Jaya melalui aplikasi layanan telekonferensi. Sementara di ruang sidang hadir tim kuasa hukum Olivia cs dan dan korban penipuan. Olivia disidangkan dengan dua terdakwa lainnya, yakni Fiky Muliandhany alias Kiki, dan Rosita.

Dalam surat dakwaannya, jaksa menilai Olivia telah bersalah karena telah melakukan tindak pidana penipuan, penggelapan, dan pemalsuan surat berkedok CPNS. Untuk itu, Olivia Olivia didakwa telah melanggar Pasal 263 juncto Pasal 65, Pasal 378 juncto Pasal 65, dan Pasal 372 juncto Pasal 65 KUHP.

"Ancaman hukumannya untuk penipuan dan penggelapan itu empat tahun kurungan penjara," kata Pratiwi.

Diketahui, Olivia dan suaminya Rafly Noviyanto Tilaar, dilaporkan ke Polda Metro Jaya pada 23 September 2021 oleh salah seorang korban bernama Karnu. Mereka diduga telah melanggar Pasal 378 dan atau Pasal 372 dan atau Pasal 263 KUHP tentang penggelapan, penipuan, serta pemalsuan surat.

Berdasarkan informasi, terdapat lebih dari 200 orang korban penipuan berkedok calon PNS itu. Penipuan itu ditaksir merugikan para korban yang mencapai Rp 9,7 miliar.



Saksikan live streaming program-program BeritaSatu TV di sini

Sumber: BeritaSatu.com


BERITA TERKAIT



BERITA LAINNYA












BERITA TERPOPULER


#1

#2

#3

#4

#5

#6

#7

#8

#9

#10

TERKINI