Copyright © 2021 BeritaSatu
Allright Reserved

Perkumpulan Lions Indonesia Ajak 100 Anak Indonesia Peringati Global Dignity for Children Week 2021

Jumat, 17 September 2021 | 11:44 WIB
Oleh : Kunradus Aliandu / KUN
Perkumpulan Lions Indonesia Memperingati Global Dignity for Children Week 2021 Bersama Anak-anak Indonesia

Jakarta, Beritasatu.com - Ketua Komite Servicesfor Children Distrik 307 A1, Clara Irwans menjelaskan, Perkumpulan Lions (Lions Clubs) Indonesia Distrik 307A1 adalah salah satu dari ratusan distrik yang merupakan bagian dari Lions Clubs International, sebuah organisasi kemanusiaan terbesar di dunia yang didirikan lebih dari 100 tahun lalu di Chicago, Illinois, Amerika Serikat. Dengan 1.4 juta anggota yang tersebar di lebih dari 200 negara, Lions Clubs memfokuskan pada lima pilar pengabdian utama, seperti upaya peningkatan kesehatan mata, peningkatan gizi dan kebutuhan pangan, penanganan diabetes serta anak-anak penderita kanker dan perbaikan lingkungan hidup.

”Salah satu karya pengabdian Lions Clubs adalah membangun karakter kuat bagi orang muda khususnya sejak pra-remaja. Mereka diberi ruang untuk melatih jiwa kepemimpinan dan kreativitasnya sejak muda, termasuk diantaranya diberikan ruang untuk menyampaikan aspirasinya,”kata Clara.

Hal ini sejalan dengan upaya Lions Clubs International untuk melaksanakan hasil Konvensi PBB untuk Hak Anak pada 1989, dimana dalam konvensi ini diharapkan setiap negara mengupayakan agar tiap-tiap anak dapat tumbuh sesehat mungkin, bersekolah, dilindungi, didengar pendapatnya, dan diperlakukan dengan adil.

Clara menjelaskan, Komite Service For Children pada tahun ini mendampingi berbagai klub yang memberikan perhatian khusus bagi anak-anak, baik dari segi kesehatannya, kreativitasnya melalui berbagai lomba/ contest dan juga melatih keberanian untuk mengemukakan pendapat, bermusyawarah dan mengambil keputusan.

Sehubungan dengan itu Lions Clubs Indonesia Distrik 307 A1 akan mengadakan Webinar Kids Speak: Merdeka dari Pandemi pada 23 September 2021. Webinar ini diselenggarakan untuk mengisi Pekan kesadaran akan Martabat untuk Anak Sedunia Tahun 2021 (Global Dignity for Children Week 2021) yang diperingati pada setiap akhir Agustus dan awal September.

Yani Kardono selaku Ketua Panitia penyelenggaraan Dignity for Children Indonesia mengungkapkan, pihaknya juga telah mengadakan kegiatan bakti sosial kunjungan kepada anak-anak ADHA (Anak Dengan HIV Aids) dan anak-anak dari keluarga pra-sejahtera pada Agustus lalu. “Selain memperkenalkan Lions Clubs International kepada masyarakat luas, melalui webinar yang akan diadakan nanti anak-anak mendapatkan sarana untuk dapat bebas mengemukakan pendapat dan keinginan belajar mereka meski di masa pandemi sesuai dengan tema Kids Speak: Merdeka dari Pandemi,”kata dia.

Yani menjelaskan, para peserta webinar ini terdiri dari anak-anak yang berusia sekitar 10 -12 tahun, karena generasi inilah yang akan memimpin Indonesia pada tahun ke 100, tahun emas Proklamasi Indonesia, di 2045. “Mereka perlu terus didukung agar berani menyampaikan aspirasinya dan terus berjuang tanpa lelah mengatasi tantangan termasuk pandemi ini dalam mewujudkan cita-citanya. Disamping itu kegiatan ini diharapkan dapat meningkatkan kesadaran masyarakat akan martabat anak sesuai hasil Konvensi PBB untuk Hak Anak serta mendukung upaya Pemerintah Indonesia memberikan sarana dan prasarana tumbuh kembang anak. Hasil dan kesimpulan webinar ini akan disampaikan kepada Forum Anak Nasional dan Kementerian Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak serta Komisi VIII DPR-RI untuk dapat ditindaklanjuti,”ujarnya.

Diikuti 100 Anak

Dalam kesempatan terpisah, Ratna Ariani selaku Koordinator Pelaksana webinar ini menjelaskan bahwa kegiatan ini akan diikuti sekitar 100 anak yang memiliki latar belakang berbeda-beda yakni ada yang bersekolah di SD negeri, sekolah swasta, madrasah, home schooling, panti asuhan bahkan anak-anak yang mendapatkan pendidikan khusus karena memiliki keterbatasan mental dan fisik termasuk ADHA, ABK dan anak difabel lainnya. Mereka berdomisili di Palembang, Bandar Lampung, Jambi, Batam serta Jabodetabek yang merupakan wilayah pengabdian Lions Clubs Indonesia Distrik 307 A1. “Saat ini, panitia sedang mempersiapkan webinar dimana para peserta didampingi para fasilitator telah memulai proses diskusi dengan menggali aspirasi anak-anak dan merumuskannya untuk disampaikan pada acara tersebut,”kata dia.

Ratna menjelaskan juga bahwa para fasilitator ini terdiri dari para guru maupun kakak pendamping yang memfasilitasi proses kreatif penyampaian aspirasi mereka. Juga disampaikan bahwa seluruh kegiatan ini tidak lepas dari protokol kesehatan demi kesehatan dan keamanan anak-anak serta para fasilitator di masa pandemi ini.

Dalam webinar nanti selain penyampaian aspirasi anak-anak yang merupakan agenda utama, juga akan disampaikan penjelasan dari Gubernur Distrik 307 A1 Jessica Budiman dan Ketua Komite Service For Children Clara Irwans. Akan hadir pula nara sumber utama yaitu Kak Seto (Drs Seto Mulyadi), seorang pemerhati anak yang sudah sangat dikenal untuk menyampaikan pesannya bagi anak-anak Indonesia.

Ratna juga mengharapkan, webinar yang akan diadakan pada 23 September dapat diikuti tidak hanya anak-anak dari sekolah dan daerah asal para peserta, tetapi juga para orang-tua murid, para pendidik dan pemerhati anak dimanapun juga, agar mereka turut serta mengupayakan ruang sehat bagi tumbuh kembang anak menjadi pribadi yang tangguh dan berani bermimpi besar mewujudkan mimpinya menjadi pemimpin membangun Indonesia di masa depan.

Kegiatan webinar ini tidak dipungut biaya dan dapat diikuti publik melalui Zoom dan kanal You Tube pada 23 September 2021 pk 13.00-15.00 WIB. Acara ini juga akan diliput dan disiarkan oleh RRI dan juga KIS FM pada gelombang 95.1 FM.



Saksikan live streaming program-program BeritaSatu TV di sini


BERITA LAINNYA


NASIONAL | 17 Oktober 2021

NASIONAL | 17 Oktober 2021

NASIONAL | 17 Oktober 2021

NASIONAL | 17 Oktober 2021

NASIONAL | 17 Oktober 2021

NASIONAL | 17 Oktober 2021

NASIONAL | 17 Oktober 2021

NASIONAL | 17 Oktober 2021

NASIONAL | 17 Oktober 2021

NASIONAL | 17 Oktober 2021

BERITA TERPOPULER


#1
Kasus Covid-19 di Jakarta Naik Lagi, Masyarakat Diminta Waspada

#2
Guru Jadi ASN P3K, Komnas Pendidikan: Sekolah Swasta Kelimpungan

#3
Progres Kereta Cepat Jakarta-Bandung Capai 79%

#4
Pengamat: Guru Sekolah Swasta Jadi ASN Timbulkan Masalah Baru

#5
Pemerintah Diminta Buat Aturan Khusus Rekrutmen Guru Honorer dari Sekolah Swasta

#6
P2G Soroti Nasib Guru Honorer Lulus Seleksi P3K Tahap I, tetapi Tak Ada Formasi

#7
Indonesia Hadapi Tiongkok di Final Piala Thomas

#8
Piala Thomas: Fajar/Rian Taklukkan He/Zhou, Indonesia Unggul 2-0 atas Tiongkok

#9
Astronaut Prancis Tangkap Fenomena Aneh di Atas Benua Eropa

#10
Dihukum Seumur Hidup karena Bunuh Temannya, Jutawan AS Ini Terinfeksi Covid-19

TERKINI


MEGAPOLITAN | 17 Oktober 2021

EKONOMI | 17 Oktober 2021

OTOMOTIF | 17 Oktober 2021

NASIONAL | 17 Oktober 2021

NASIONAL | 17 Oktober 2021

OLAHRAGA | 17 Oktober 2021

OLAHRAGA | 17 Oktober 2021

EKONOMI | 17 Oktober 2021

EKONOMI | 17 Oktober 2021

POLITIK | 17 Oktober 2021