Copyright © 2021 BeritaSatu
Allright Reserved

Jokowi Unggah Video Kisah Mantan Sopirnya Suliadi di Solo

Sabtu, 25 September 2021 | 21:21 WIB
Oleh : Willy Masaharu / WM
Joko Widodo.

Jakarta, Beritasatu.com - Presiden Joko Widodo (Jokowi) membagikan video mengenai kisah mantan sopirnya di Solo, Jawa Tengah, Suliadi.

Dalam video tersebut tampak mantan supir Jokowi, Suliadi bercerita tentang kenangannya semasa masih menyopiri Jokowi yang saat itu menjabat sebagai Wali Kota Solo.

Video tersebut berjudul "Cerita Pak Suliadi, Mantan Sopir Pak Jokowi". Jokowi pun memberikan narasi. Semasa jadi wali kota di Solo, sehari-hari saya disopiri oleh Pak Suliadi. Ia seorang pria yang begitu sabar. Sekali waktu, saat membawa saya dan istri di malam hari, mobil yang dikemudikannya mogok. Apa yang terjadi kemudian?

Tayangan video berdurasi 6 menit tersebut diawali dengan becak berwarna biru muda yang melintasi sebuah bangunan kuno di Kota Solo.

"Nama saya Suliadi. Asli Malang, Jawa Timur," ujar Suliadi dalam video tersebut, yang dikutip Beritasatu.com dari akun Instagram @jokowi, Sabtu (25/9/2021).

Suliadi kemudian ditanya tentang apa saja kebiasaan Jokowi saat di dalam mobil. "Bapak Jokowi ini nggak pernah macam-macam, di dalam mobil santai," kata Suliadi dengan menggunakan bahasa jawa.

Menurut Suliadi, Jokowi biasanya membawa kaset lagu-lagu seperti band Metallica, hingga musik tradisional seperti gamelan Jawa atau klenengan.

Setiap mengantar Jokowi bepergian, Suliadi mengaku selalu menyiapkan roti, pisang rebus, dan kacang rebus untuk Jokowi.

Banyak kenangan yang diperoleh Suliadi selama menjadi sopir Jokowi. Salah satu kenangan yang unik menurutnya adalah saat Jokowi tertidur di dalam mobil.

"Pulang dari Semarang kan Bapak tidur. Sudah sampai rumah, kok nggak bangun-bangun," kata Suliadi.

Suliadi kala itu tidak berani mengganggu waktu tidur Jokowi, sehingga dirinya bersama ajudan menanti hingga Jokowi bangun.

"Sama Pak Jokowi ditanya, "Memang sudah lama ya, Pak, sampai rumah?". Saya bilang, "iya, segitulah, Pak, kira-kira satu jam". Pak Jokowi bertanya, "kok tidak dibangunkan?". Saya jawab, "kayaknya Bapak kelihatan capek sekali," ujar Suliadi.

Kisah unik lainnya adalah saat Suliadi menyopiri Jokowi dan istrinya Iriana ketika peristiwa banjir Solo. Dirinya bersama Jokowi dan Iriana berkeliling di Joyotakan, Jawa Tengah. Setelah berkeliling lama, mobil mendadak mogok saat naik tanggul.

Saat itu Suliadi meminta izin kepada Jokowi untuk menggantikannya duduk di kursi kemudi, agar Suliadi bisa mendorong mobil yang mogok. Namun Jokowi kala itu meminta Suliadi tetap di kursi kemudi, dan dirinya sendiri yang mendorong mobil.

"Bapak jawab, "Nggak, Pak, Pak Suli yang di dalam sama Ibu, saya yang mendorong," ujar Suliadi menirukan ucapan Jokowi saat itu.

Selama menjadi sopir, Suliadi mengaku Jokowi tidak pernah memarahinya. Suliadi mengatakan, sangat senang ketika Jokowi menjadi Presiden.

Menurutnya, sikap Jokowi tidak pernah berubah kepada dirinya meskipun telah menjabat Presiden.

Suliadi menyebut sosok Jokowi sangat penting dalam kehidupannya. Suliadi merasa, tanpa Jokowi dirinya tidak akan menjadi seperti sekarang ini.

Dalam video tersebut, Suliadi berpesan kepada Presiden Jokowi agar selalu menjaga kesehatan, dan tidak lupa makan. Dia juga mendoakan Presiden selalu panjang umur.

Dalam video tersebut, Paman Jokowi, Widodo Prasetyo, ikut bercerita mengenai keberadaan rumah Jokowi di Tirtoyoso, Solo.

Rumah tersebut dibeli karena rumah Jokowi sebelumnya yang terletak di pinggir kali, di wilayah di Gilingan, digusur. Saat Jokowi awal tinggal di Tirtoyoso, Widodo Prasetyo menuturkan, di dalam rumah hanya ada kulkas dan meja makan serta sebuah televisi kecil hitam putih berukuran 24 inci.

Menurut sang paman, rumah tersebut akhirnya diberikan Jokowi kepada Suliadi.



Saksikan live streaming program-program BeritaSatu TV di sini

Sumber: BeritaSatu.com


REKOMENDASI



BERITA LAINNYA


NASIONAL | 21 Oktober 2021

NASIONAL | 21 Oktober 2021

NASIONAL | 21 Oktober 2021

NASIONAL | 21 Oktober 2021

NASIONAL | 21 Oktober 2021

NASIONAL | 21 Oktober 2021

NASIONAL | 21 Oktober 2021

NASIONAL | 21 Oktober 2021

NASIONAL | 21 Oktober 2021

NASIONAL | 21 Oktober 2021

BERITA TERPOPULER


#1
Petisi Kembalikan Aipda Ambarita ke Raimas Backbone Jakarta Timur Menggema di Medsos

#2
Ini Daftar Smartphone yang Tidak Lagi Bisa Akses WhatsApp Mulai 1 November

#3
Pengamat: Naik Pesawat Wajib Tes PCR Bebani Calon Penumpang dan Maskapai

#4
Denmark Terbuka 2021, The Minions Tumbang di Tangan Pemain Muda Pelatnas

#5
Liga Champions: Bungkam Zenit, Juventus Sapu Bersih Kemenangan

#6
Lima Wakil Indonesia Tersingkir di Babak Pertama Denmark Terbuka

#7
Tak Menyangka Tumbangkan Minions, Fikri/Bagas: Di Latihan pun Kami Belum Pernah Menang

#8
Satgas Terbitkan Surat Edaran Wajib Tes PCR Naik Pesawat dari dan ke Jawa-Bali

#9
Liga Champions: Tertinggal Dua Gol, MU Bangkit dan Menang Berkat Ronaldo

#10
Kasus LADI, ISORI: Ada Aroma Tak Sedap Terkait Sanksi Doping WADA

TERKINI


OLAHRAGA | 22 Oktober 2021

OLAHRAGA | 22 Oktober 2021

DIGITAL | 22 Oktober 2021

OLAHRAGA | 22 Oktober 2021

DUNIA | 21 Oktober 2021

DUNIA | 21 Oktober 2021

NASIONAL | 21 Oktober 2021

OLAHRAGA | 21 Oktober 2021

MEGAPOLITAN | 21 Oktober 2021

DUNIA | 21 Oktober 2021