Copyright © 2022 BeritaSatu
Allright Reserved

Penghargaan untuk Wae Rebo Tantangan bagi Pemkab Manggarai

Rabu, 8 Desember 2021 | 09:45 WIB
Oleh : Willy Grasias / EHD
Tokoh Adat Wae Rebo Fransiskus Mudir dengan busana adat Manggarai terima plakat Penghargaan untuk Wae Rebo dalam ajang ADWI 2021 di Jakarta, Selasa (7/12/2021) malam.

Ruteng, Beritasatu.com – Bupati Manggarai, Nusa Tenggara Timur (NTT) mengatakan, Desa Wisata Wae Rebo di Manggarai terpilih sebagai juara I pada kategori Daya Tarik Wisata Alam, Budaya dan Buatan dalam ajang Anugerah Desa Wisata Indonesia (ADWI) 2021 merupakan tantangan besar bagi Pemerintah Kabupaten Manggarai dan semua pihak terkait.

“ Jadi, ada manfaat promosi. Di sisi lain itu berarti kita ditantang untuk melayani semua kebutuhan wisatawan dengan cara-cara yang lebih baik (manfaat bagi perbaikan tata kelola). Itu berarti, komunikasi dan kolaborasi lintas sektor harus makin digalakkan “ kata Hery kepada Beritasatu.com, Rabu (8/12/2021).

Juara II dalam ADWI 2021 adalah Desa Argorek Kabupaten Raja Ampat Papua Barat, Juara III Sangunkerto Kabupaten Malang Jawa Timur , juara IV Senaru Lombok Utara NTB , juara V desa Sungai Batang Kabupaten Agam Sumatera Barat.

Anugerah Desa Wisata Indonesia ini diterima langsung oleh tokoh adat Wae Rebo Fransiskus Mudir dengan busana adat Manggarai tampil anggun di panggung kehormatan yang sangat bergensi pada malam anugerah ADWI 2021.

Pada malam anugerah ADWI 2021 turut hadir Bupati Manggarai Heribertus Nabit yang didampingi oleh Kepala Dinas Pariwisata Kabupaten Manggarai Isfridus Buntanus.

Hery mengatakan, dalam kondisi pemulihan ekonomi seperti sekerang, penghargaan terbaik pada kategori daya tarik wisata ini mudah-mudahan membangkitkan semangat wisatawan untuk mengunjungi Wae Rebo dan Manggarai secara umum.

Penghargaan ini, kata Hery, bukan segala-galanyanya namun hendaknya menjadi titik awal bagi percepatan pengembangan Kawasan Wae Rebo. “Itulah saya sebut sebagai tantangan,” kata dia.

Ia mengatakan, konsep pengembangan Pemkab Manggarai untuk Wae Rebo tidak lagi hanya membangun Kampung Wae Rebo itu sendiri, tetapi menjadi pembangunan kawasan Wisata Wae Rebo yang meliputi 7 Desa, yaitu Borik, Satar Ruwuk, Satar Lenda, Wongka, Satar Luju, Ceka Luju, dan Nuca Molas.

Itu berarti pariwisata Wae Rebo harus memberi manfaat juga bagi masyarakat di sekitarnya.

“Pemkab Manggarai bekerja dalam framework seperti itu sehingga butuh dukungan Pemprov dan Pemerintah Pusat, dua kalimat terakhir itu menjadi framework Pemkab Manggarai dalam pengembangan Wae Rebo. Framework seperi t itu tentu butuh pembiayaan yang sangat besar, sehingga butuh sinergi dengan Pemprov NTT dan Pusat, Pemerintah Desa, juga pihak swasta, dan swadaya masyarakat “ harapnya.

Wae Rebo termasuk 50 desa yang mendapat nominasi dalam ajang Anugerah Desa Wisata Indonesia 2021.

Ini merupakan ajang pemberian penghargaan kepada desa-desa wisata yang memiliki prestasi dengan kriteria-kriteria penilaian dari Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Kemenparekraf)/Baparekraf.



Saksikan live streaming program-program BeritaSatu TV di sini

Sumber: BeritaSatu.com


BERITA TERKAIT



BERITA TERPOPULER


#1

#2

#3

#4

#5

#6

#7

#8

#9

#10

TERKINI