Copyright © 2022 BeritaSatu
Allright Reserved

Menteri PPN Bersyukur Hasil Survei Penilaian Integritas Lampaui Target

Kamis, 23 Desember 2021 | 20:42 WIB
Oleh : Muhammad Aulia / CAR
Suharso Monoarfa.

Jakarta, Beritasatu.com - Menteri PPN/Kepala Bappenas Suharso Monoarfa mengungkapkan rasa syukurnya atas hasil Survei Penilaian Integritas (SPI) 2021. Hal tersebut tak terlepas dari hasil SPI 2021, di mana indeks integritas nasional melampaui target yang tercantum di rencana pembangunan jangka menengah nasional (RPJMN), yakni sebesar 70.

“Kita patut bersyukur nilai rata-rata capaian SPI berada di atas target yaitu 72,43,” ucap Suharso, Kamis (23/12/2021).

Suharso menuturkan 2021 menjadi tahun penting dalam memetakan persoalan integritas, mengembangkan program pencegahan penindakan, serta mengukur keberhasilan strategi pencegahan korupsi di masa pandemi. Menurutnya, korupsi adalah salah satu isu penting bagi rencana pembangunan jangka panjang nasional (RPJPN) 2005-2025 serta RPJMN 2020-2024.

Ketua umum Partai Persatuan Pembangunan (PPP) itu berpandangan korupsi adalah extraordinary crime yang berdampak luas terhadap pembangunan nasional. Oleh sebab itu, diperlukan berbagai pendekatan dalam penanganan kasus korupsi, mulai dari pencegahan, penindakan, hingga pendidikan.

Suharso juga mengapresiasi kinerja Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) dalam melaksanakan SPI di tengah pandemi Covid-19. Adapun KPK melaksanakan SPI terhadap 95 kementerian/lembaga dan 542 pemerintah daerah.

“Diharapkan SPI dapat menjadi dasar bagi kementerian/lembaga dan pemda untuk melakukan berbagai perbaikan kebijakan. Hal ini diperlukan untuk mewujudkan penyelenggaraan pemerintahan yang bersih, transparan, dan akuntabel,” ucap Suharso.



Saksikan live streaming program-program BeritaSatu TV di sini

Sumber: BeritaSatu.com


BERITA TERKAIT



BERITA TERPOPULER


#1

#2

#3

#4

#5

#6

#7

#8

#9

#10

TERKINI