Copyright © 2022 BeritaSatu
Allright Reserved

Jokowi: Kereta Cepat Jakarta-Bandung Beroperasi Juni 2023

Senin, 17 Januari 2022 | 16:39 WIB
Oleh : Lenny Tristia Tambun/Novy Lumanauw / BW
Presiden Joko Widodo meninjau perkembangan konstruksi Kereta Cepat Jakarta-Bandung (KCJB) berupa terowongan (tunnel) dua yang ada di Purwakarta, Jawa Barat, Senin, 17 Januari 2022.

Jakarta, Beritasatu.com – Presiden Joko Widodo (Jokowi) memastikan Kereta Cepat Jakarta-Bandung (KCJB) dapat beroperasi pada Juni 2023.

Jokowi mengatakan hal itu seusai meninjau terowongan (tunnel) 2 KCJB bersama dengan Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil, Menteri Koordinator bidang Maritim dan Investasi (Menko Marives) Luhut Binsar Pandjaitan, dan beberapa menteri terkait ke dalam terowongan dua kereta cepat.

“Pada siang hari ini, saya melakukan peninjauan pada progres perkembangan konstruksi kereta cepat Jakarta-bandung bersama-sama dengan pak Menko, para menteri dan juga Gubernur Jawa Barat,” kata Jokowi di Bandung, Jawa Barat, Senin (17/1/2022).

Kepala Negara mengungkapkan ada masalah teknis yang harus diselesaikan dalam pembangunan terowongan 2 KCJB, yang mengakibatkan progres pembangunan terowongan tersebut menjadi agak lambat.

“Utamanya di terowongan 2, ya memang di sini ada masalah teknis yang harus kita selesaikan. Tetapi tadi dari keterangan yang ada di lapangan, Dirut KCIC juga, dari Pak Menko Marives, juga dari Kementerian PU, bahwa terowongan kedua ini memang berjalannya agak lambat, karena jenis tanah yang ada di sini memerlukan kerja yang penuh kehati-hatian,” terang Jokowi.

Kendati demikian, Jokowi optimistis pembangunan KCJB yang telah selesai 79,9% dapat dirampungkan sebelum akhir 2022. Pada akhir tahun ini, KCJB sudah bisa diujicobakan dan kemudian pada Juni 2023 bisa dioperasionalkan.

“Harapan kita dengan selesainya Kereta Cepat Jakarta-Bandung ini akan mengurangi kemacetan, baik yang ada di Jakarta maupun di Bandung, juga mempercepat mobilitas orang dan juga barang. Dan kita harapkan ini menjadi daya saing yang baik bagi negara kita,” terang Jokowi.



Saksikan live streaming program-program BeritaSatu TV di sini

Sumber: BeritaSatu.com


BERITA TERKAIT



BERITA LAINNYA












BERITA TERPOPULER


#1

#2

#3

#4

#5

#6

#7

#8

#9

#10

TERKINI