Copyright © 2022 BeritaSatu
Allright Reserved

BRIN: Hasil Tes Covid-19 dengan RT-LAMP Diperoleh Kurang dari 1 Jam

Senin, 17 Januari 2022 | 19:15 WIB
Oleh : WM
Ilustrasi swab test anak

Jakarta, Beritasatu.com - Badan Riset dan Inovasi Nasional (BRIN) mengatakan, hasil tes Covid-19 berbasis molekuler dengan menggunakan metode RT-LAMP (reverse transcription loop mediated isothermal amplification) diperoleh lebih cepat, yakni kurang dari 1 jam. Selain itu, RT-LAMP bisa mendeteksi Covid-19 yang disebabkan oleh varian Omicron, juga dapat mendeteksi keberadaan virus SARS-CoV-2 pada sampel sampai nilai cycle threshold (Ct) 36 di PCR. Nilai Ct tinggi menggambarkan kadar virus rendah

"Reaksinya itu 1 jam sampai dengan terdeteksi," kata peneliti di Pusat Riset Kimia BRIN Tjandrawati Mozef, di Jakarta, Senin (17/1/2022).

Reaksi amplifikasi gen target dengan metode RT-LAMP berlangsung kurang dari 1 jam sehingga diagnosa hasil Covid-19 bisa diperoleh lebih cepat, dengan hasil seakurat RT-PCR.

Tjandrawati mengatakan, bahkan dalam waktu kurang lebih 30 menit, sudah mulai terjadi proses reaksi amplifikasi.

Diharapkan, RT-LAMP yang dikembangkan Tjandrawati bersama tim dapat menjadi metode alternatif untuk pengujian molekuler terhadap virus SARS-CoV-2 penyebab Covid-19 sehingga bisa segera diaplikasikan di tengah masyarakat.

Tjandrawati menuturkan, jika suatu daerah tidak memungkinkan melakukan tes PCR karena ketiadaan alat PCR, maka RT-LAMP dapat menjadi alternatif untuk memenuhi kebutuhan tes Covid -19 di daerah tersebut sehingga masyarakat bisa lebih mudah menjangkau tes Covid-19.

"Ini (RT-LAMP) tidak memerlukan alat PCR, jadi dia (RT-LAMP) relatif lebih bisa mendeteksi, reaksi lebih cepat dan lebih sederhana karena sistem isotermal," ujarnya.

Dengan demikian, RT-LAMP dapat melengkapi kebutuhan metode untuk mendeteksi Covid-19 di Tanah Air, di samping metode lain berbasis molekuler seperti RT-PCR.



Saksikan live streaming program-program BeritaSatu TV di sini

Sumber: ANTARA


BERITA TERKAIT



BERITA LAINNYA












BERITA TERPOPULER


#1

#2

#3

#4

#5

#6

#7

#8

#9

#10

TERKINI