Copyright © 2022 BeritaSatu
Allright Reserved

Kecelakaan Maut di Balikpapan, Sopir Truk Langgar Larangan Melintas

Jumat, 21 Januari 2022 | 11:38 WIB
Oleh : Dwi Argo Santosa / DAS
Truk peti kemas penyebab kecelakaan maut di perempatan lampu merah Muara Rapak Balikpapan, Kaltim, Jumat, 21 Januari 2022.

Jakarta, Beritasatu.com - Muncul dugaan sopir truk tronton pengangkut kontainer yang menyebabkan kecelakaan maut di Balikpapan, Kaltim, memacu kendaraannya mengejar batas waktu larangan melintas di lokasi kejadian.

Truk menabrak belasan kendaraan yang berhenti di lampu merah sehingga menewaskan lima orang dan 13 lainnya luka berat serta seorang dalam kondisi kritis, Jumat (21/1/2022) pagi.

Menurut Kabid Humas Polda Kalimantan Timur Kombes Pol Yusuf Sutejo, kepolisian dan Dinas Perhubungan setempat telah membuat aturan membatasi kendaraan yang melintas di lokasi kejadian, yakni lampu merah Simpang Muara Rapak Jalan Sukarno-Hatta, Balikpapan.

Sudah ada Peraturan Wali Kota yang mengatur kendaraan berat dilarang melintas dari pukul 06.00 sampai dengan 21.00 WITA.

Sementara kecelakaan maut di Balikpapan itu terjadi sekitar 06.15 WITA. Dengan demikian sopir truk sudah melanggar aturan.

Yusuf menyebutkan, kecelakaan maut di Balikpapan itu murni pelanggaran pengemudi karena ingin cepat sampai tujuan. Seharusnya kendaraan truk memutar tapi pada kenyataannya justru melintas di jalan tersebut.

Disebutkan, truk nopol KT 8534 AJ itu dikemudikan Muhammad Ali (49).

Sopir sudah menurunkan kecepatan awal, tapi kendaraan tetap meluncur dan menabrak kendaraan yang mengantre di lampu merah.

"Sopir truk sudah mulai mengurangi persneling dari empat ke tiga dan sesampai di depan Bank Mandiri rem sudah tidak berfungsi, dan truk meluncur laju menabrak yang ada di depannya saat kejadian lampu traffick light berwarna merah," ungkap Yusuf.

Seperti diberitakan sebelumnya, Markas Besar Polri menurunkan Tim Traffic Acciden Analisis (TAA) Korlantas Polri untuk mengusut kecelakaan maut di Kota Balikpapan ini.



Saksikan live streaming program-program BeritaSatu TV di sini

Sumber: ANTARA


BERITA TERKAIT



BERITA LAINNYA












BERITA TERPOPULER


#1

#2

#3

#4

#5

#6

#7

#8

#9

#10

TERKINI