Copyright © 2022 BeritaSatu
Allright Reserved

Mobil Arteria Dahlan Pakai Pelat Nomor Dinas Polisi, Begini Tanggapan Kompolnas

Sabtu, 22 Januari 2022 | 17:03 WIB
Oleh : Yustinus Paat / FFS
Anggota Komisi III DPR, Arteria Dahlan.

Jakarta, Beritasatu.com - Komisioner Kompolnas Irjen (Purn) Pudji Hartanto merespons mobil milik anggota Komisi III DPR dari Fraksi PDIP Arteria Dahlan yang menggunakan pelat nomor dinas polisi. Pudji menduga Arteria mendapatkan nomor pelat dinas Polri tersebut karena ada pertimbangan pejabat Polri.

Hal ini, kata Pudji diatur dalam Peraturan Kapolri atau Perkap Nomor 9 Tahun 2019 tentang Penerbitan Surat Tanda Nomor Kendaraan Bermotor Dinas dan Tanda Nomor Kendaraan Bermotor Dinas Kepolisian Negara Republik Indonesia.

“Untuk pelat dinas polisi yang mengeluarkan Slog Polri,” ujar Pudji di Jakarta, Sabtu (22/1/2022).

Menurut Pudji, pejabat tertentu bisa mengajukan penggunaan pelat dinas polisi. Namun, yang mengajukan, kata dia, adalah instansi atau lembaga pemerintah.

“Untuk pejabat tertentu prosesnya pengajuan resmi dari instansi atau lembaga pemerintah sesuai prosedur surat permohonan resmi oleh pejabat setingkat eselon 1 dan diproses oleh Slog Polri dengan prosedur melampirkan STNK, BPKB dan cek fisik ranmor (kendaraan bermotor) guna pemeriksaan,” jelasnya.

Dalam Perkap 9 Tahun 2019 tersebut diatur persyaratan surat tanda nomor kendaraan bermotor dinas (STNK-BD) Polri dan tanda nomor kendaraan bermotor dinas (TNK-BD) Polri. Pertama, surat permohonan ditujukan kepada Asisten Kapolri bidang Logistik pada tingkat Mabes Polri atau Kepala Biro Logistik Polda pada tingkat kewilayahan, diketahui dan ditandatangani oleh pimpinan satuan kerja.

Kedua, terdapat hasil pemeriksaan cek fisik kendaraan bermotor dinas dan ketiga terdapat data kendaraan bermotor meliputi, jenis, merek/tipe, tahun pembuatan, isi silinder, jumlah roda, warna, nomor mesin, nomor rangka dan bahan bakar.

Perkap tersebut juga mengatur perpanjangan dan penggantian STNK-BD Polri dan TNK-BD Polri jika mengalami kerusakan. STNK-BD Polri dan TNK-BD Polri ini oleh Slog Polri dan Birolog Polda.

Karo Penmas Divisi Humas Polri, Brigjen Ahmad Ramadhan memang membenarkan bahwa dalam data Slog Polri, pelat Nomor 4196-07 tercatat untuk mobil Mitsubishi Pajero Sport Dakar, milik Arteria Dahlan.

“Berdasarkan hasil pendataan di Bag Invent Biro Pal Slog Polri untuk No. Pol 4196-07 diperuntukkan Mitsubishi Pajero Sport Dakar dengan atas nama pemilik H. Arteri Dahlan, S.T., S.H., M.H/ DPR RI,” kata Ahmad Ramadhan.



Saksikan live streaming program-program BeritaSatu TV di sini

Sumber: BeritaSatu.com


BERITA TERKAIT



BERITA LAINNYA












BERITA TERPOPULER


#1

#2

#3

#4

#5

#6

#7

#8

#9

#10

TERKINI