Copyright © 2022 BeritaSatu
Allright Reserved

Din Syamsuddin Akan Uji Materi UU IKN ke MK

Minggu, 23 Januari 2022 | 18:16 WIB
Oleh : Yustinus Paat / CAR
Din Syamsuddin

Jakarta, Beritasatu.com - Mantan Ketua Umum Muhammdiyah Din Syamsuddin akan segera melakukan uji materi terhadap Undang-Undang (UU) Ibu Kota Negara (IKN) ke Mahkamah Konstitusi (MK). Menurut Din, pihaknya menunggu UU IKN diundangkan terlebih dahulu.

“Kita menunggu UU IKN diundang-undangkan atau didaftar dalam lembaran negara,” ujar Din kepada Beritasatu.com, Minggu (23/1/2022).

Din mengaku tidak sendirian dalam menggugat UU IKN tersebut. Ada sejumlah tokoh yang terlibat dalam proses uji materi tersebut. Namun, Din enggan menyebutkan nama-nama tokoh yang dimaksud. “Kita masih konsolidasi daftar penggugat,” ujar Din.

Din juga enggan memerinci alasan melakukan uji materi UU IKN. Menurut Din, pengesahan UU IKN tidak memiliki urgensi di tengah masyarakat sedang berjuang melawan pandemi Covid-19 dan utang pemerintah membengkak. “Nanti pada waktunya (alasan-alasan menggugat UU IKN) akan disampaikan,” kata Din.

Selain Din Syamsuddin, UU IKN juga bakal digugat oleh ekonom Faisal Basri, Guru Besar Universitas Islam Negeri Syarif Hidayatullah Jakarta Azyumardi Azra, Pengamat Kebijakan Publik Agus Pambagio, dan eks jurnalis Jilal Mardhani.

Saat ini, pihak Faisal Basri sudah membuat petisi yang meminta Presiden Joko Widodo (Jokowi) dan Wakil Presiden Ma’ruf Amin meneken pakta integritas proyek pemindahan IKN. Petisi ini, kata Faisal, akan menjadi salah satu masukan untuk melakukan uji materi UU IKN ke MK.

“Sebelum ke MK karena kami tidak ada ahli hukum, nanti dari petisi ini kemudian ditandatangani banyak orang, maka bisa menjadi masukan untuk kami judicial review,” ujar Faisal.



Saksikan live streaming program-program BeritaSatu TV di sini

Sumber: BeritaSatu.com


BERITA TERKAIT



BERITA LAINNYA












BERITA TERPOPULER


#1

#2

#3

#4

#5

#6

#7

#8

#9

#10

TERKINI