Copyright © 2022 BeritaSatu
Allright Reserved

Jokowi Harapkan ICMI Lakukan Transformasi

Sabtu, 29 Januari 2022 | 12:26 WIB
Oleh : Lenny Tristia Tambun / BW
Joko Widodo.

Jakarta, Beritasatu.com - Presiden Joko Widodo (Jokowi) mengharapkan Ikatan Cendekiawan Muslim Indonesia (ICMI) mampu melakukan transformasi untuk menghadapi ketidakpastian, tantangan, dan peluang-peluang yang ada.

Dikatakan, tantangan yang akan dihadapi Indonesia, termasuk yang dihadapi ICMI ke depan makin tidak ringan. Namun, ia yakin ICMI sebagai wadah cendekiawan akan selalu mampu menemukan cara-cara dan strategi-strategi baru dalam menghadapi tantangan dan perubahan dunia yang sangat cepat saat ini.

“Sebagaimana tema raker ICMI kali ini, kata kuncinya adalah transformasi. Bagaimana kita sebagai bangsa harus melakukan transformasi, bagaimana kita sebagai organisasi terus melakukan transformasi, yaitu transformasi untuk menemukan cara tepat menghadapi perubahan zaman, tantangan dan peluang-peluang yang ada,” kata Jokowi.

Menurutnya, perubahan sering datang secara tiba-tiba tanpa bisa diduga sebelumnya. Seperti pandemic Covid-19 yang sudah 2 tahun dialami Indonesia dan saat ini masih terjadi, merupakan salah satu bukti bahwa ketidakpastian itu akan selalu dihadapi.

“Banyak hal yang di luar bayangan kita pada saat kita membuat rencana. Ketidakpastian itu datang secara tiba-tiba tanpa kita duga,” ujar Jokowi.

Kemenangan yang diraih dalam menghadapi ketidakpastian, tantangan atau peluang tersebut, disebutkan Jokowi bukan semata-mata dapat diraih karena perencanaan yang baik.

Justru kemenangan itu dapat diraih tergantung dari kecepatan untuk melakukan transformasi. Kemenangan itu tergantung kecepatan untuk cepat menyesuaikan dengan tantangan dan peluang yang ada.

“Dan kemenangan itu juga tergantung kemampuan kita bekerja secara efektif, efisien, dan kompetitif, memanfaatkan kecendekiawanan serta ilmu pengetahuan dan juga teknologi,” tegas Jokowi.



Saksikan live streaming program-program BeritaSatu TV di sini

Sumber: BeritaSatu.com


BERITA TERKAIT



BERITA LAINNYA












BERITA TERPOPULER


#1

#2

#3

#4

#5

#6

#7

#8

#9

#10

TERKINI