Copyright © 2022 BeritaSatu
Allright Reserved

Soal Kepala Otorita IKN Nusantara, Ini Kata Legislator

Rabu, 9 Maret 2022 | 17:10 WIB
Oleh : Yustinus Paat / YUD
Wakil Ketua DPR Sufmi Dasco Ahmad

Jakarta, Beritasatu.com - Wakil Ketua DPR Sufmi Dasco Ahmad mengatakan pihaknya hingga saat ini belum informasi soal nama Kepala Otorita Ibu Kota Negara (IKN) Nusantara yang akan dipilih oleh Presiden Joko Widodo. Menurut Sufmi, Kepala Otorita IKN merupakan sesuatu yang mendesak untuk segera diputuskan Presiden Jokowi.

“Sampai hari ini saya belum dapat informasi,” ujar Sufmi di Kompleks DPR, Senayan, Jakarta, Rabu (9/3/2022).

DPR, kata Sufmi, akan mendukung keputusan Presiden Jokowi soal Kepala Otorita IKN yang dipilih. Menurut dia, keberadaan Kepala Otorita IKN penting untuk memastikan proyek pembangunan IKN berjalan lancar.

“Karena ini katanya kebutuhan yang mendesak, ini mungkin ada perkembangan dari presiden untuk juga segera agar semua bisa berjalan dan itu ya kita dukung aja,” tandas Sufmi.

Diketahui, UU Nomor 3 Tahun 2022 tentang IKN menyebutkan Kepala Otorita IKN ditunjuk, diangkat dan diberhentikan oleh Presiden setelah berkonsultasi dengan DPR. Untuk pertama kalinya, Kepala Otorita IKN dan wakilnya ditunjuk dan diangkat oleh Presiden paling lama 2 bulan setelah UU IKN diundangkan. Hal ini berarti Kepala Otorita IKN pertama bisa ditunjuk langsung oleh Jokowi tanpa harus berkonsultasi dengan DPR terlebih dahulu.

Sebelumnya, Tenaga Ahli Utama Kantor Staf Presiden (KSP) Wandy Tuturoong mengatakan Presiden Joko Widodo (Jokowi) akan segera melantik Kepala Otorita Ibu Kota Negara (IKN) Nusantara dalam besok Rabu atau lusa (Kamis).

"Ada kemungkinan 1-2 hari ini. Tapi belum bisa saya pastikan," kata Wandy Tuturoong kepada wartawan, Selasa (8/3/2022).

Ketika ditanya sosok Kepala Otorita IKN yang dipilih Jokowi, Wandy enggan membeberkannya. Karena yang menentukan adalah Presiden Jokowi, dan bisa saja berubah sewaktu-waktu sesuai keputusan Presiden. "Kalau saya ngomong A, takutnya jadi B. Tunggu saja," ucap Wandy Tuturoong.



Saksikan live streaming program-program BeritaSatu TV di sini

Sumber: BeritaSatu.com


BERITA TERKAIT



BERITA LAINNYA












BERITA TERPOPULER


#1

#2

#3

#4

#5

#6

#7

#8

#9

#10

TERKINI