Copyright © 2022 BeritaSatu
Allright Reserved

Dokter Richard Lee Jadi Tersangka Kasus Pencemaran Nama Baik Kartika Putri

Selasa, 5 April 2022 | 14:49 WIB
Oleh : Stefani Wijaya / FFS
Dokter Aestetika, dr Richard Lee.

Jakarta, Beritasatu.com - Polda Metro Jaya menetapkan praktisi kesehatan kulit dan kecantikan, Dokter Richard Lee ditetapkan sebagai tersangka kasus dugaan pencemaran nama baik Kartika Putri.

"Richard Lee itu sudah kita tetapkan sebagai tersangka," kata Direktur Reserse Kriminal Khusus Polda Metro Jaya Kombes Pol Auliansyah Lubis kepada wartawan di Polda Metro Jaya,Selasa (5/4/2022).

Dikatakan Auliansyah, dalam kasus ini Richard Lee dilaporkan Kartika Putri ke Polisi. Selain kasus pencemaran nama baik Kartika Putri, Richard Lee diketahui menyandang status tersangka kasus dugaan akses ilegal. Saat itu, Richard Lee mencoba mengakses akun Instagramnya padahal akun tersebut sudah disita polisi dan mencoba menghilangkan barang bukti saat itu.

"Jadi ada dua laporan polisi. Pertama, terkait pencemaran nama baik yang pelapornya adalah Kartika Putri dan kemudian satu lagi masalah ilegal akses. Dua duanya sudah kita tetapkan sebagai tersangka," ucapnya.

Dalam kasus pencemaran nama baik, Richard diduga membeli kosmetik yang berbeda dari yang ia review. Diduga, ia membeli kosmetik palsu dari Helwa. Richard membeli kosmetik Helwa secara online.

"Jadi apa benar produknya itu produknya si Helwa itu kan kita enggak tahu. Namanya produk online," ungkapnya.

Tidak hanya itu, kandungan produk Helwa yang diperiksa Richard tanpa BPOM. Sementara, produk Helwa sudah menggunakan label BPOM.

"Namun yang perlu kita tegaskan lagi di tahun 2020 itu bulan Februari sampai Juni sudah ada pembaharuan dari izin BPOM. Jadi BPOM ada pembaharuan terus," ujar Auliansyah.

Sedangkan yang dibeli oleh Richard Lee di media online di tahun 2019. Sedangkan di tahun 2020 produk Helwa yang dipromosikan oleh Kartika sebenarnya sudah memiliki label BPOM.

"Jadi beda itu produk 2019, sedangkan Kartika Putri produk 2020. Jadi sebenarnya apa yang di-endorse oleh Kartika Putri, dia sudah mengecek melalui barcode bahwa memang produk itu telah memiliki izin dari BPOM dan merupakan produk yang aman. Namun di media sosial Richard Lee mengatakan Kartika Putri meng-endorse obat abal-abal tersebut," kata Auliansyah.

Selain itu, Richard Lee menyatakan ada banyak korban yang sudah melapor kepadanya akibat dari obat tersebut orang-orang mukanya rusak.

Meski demikian, hingga saat ini Richard Lee belum bisa menyampaikan ke penyidik siapa orang yang mukanya rusak setelah menggunakan produk Helwa.



Saksikan live streaming program-program BeritaSatu TV di sini

Sumber: BeritaSatu.com


BERITA TERKAIT



BERITA LAINNYA












BERITA TERPOPULER


#1

#2

#3

#4

#5

#6

#7

#8

#9

#10

TERKINI