Copyright © 2022 BeritaSatu
Allright Reserved

Diperiksa Terkait Kasus Bupati Banjarnegara, Boyamin Saiman Diminta Jujur

Selasa, 17 Mei 2022 | 09:22 WIB
Oleh : Muhammad Aulia / BW
Boyamin Saiman.

Jakarta, Beritasatu.com - Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) menjadwalkan pemeriksaan terhadap Koordinator Masyarakat Anti Korupsi Indonesia (MAKI) Boyamin Saiman, Selasa (17/5/2022). KPK meminta agar Boyamin jujur dalam menyampaikan apa yang dia ketahui.

Dia diperiksa sebagai saksi dalam kapasitasnya sebagai Direktur Bumirejo untuk kasus dugaan tindak pidana pencucian uang (TPPU) yang menjerat Bupati nonaktif Banjarnegara Budhi Sarwono.

"Saat di hadapan tim penyidik bersikap jujur dan terus terang serta tidak akan menutupi berbagai fakta yang diketahuinya," kata Plt Juru Bicara KPK Ali Fikri dalam keterangan tertulis.

Ali juga mengungkapkan, tim penyidik KPK sebelumnya telah memiliki alat bukti berkaitan dengan kasus tersebut. Alat bukti tersebut di antaranya keterangan berbagai pihak dan bukti lainnya terkait kasus dugaan TPPU Budhi Sarwono.

“Berikutnya, seluruh keterangan saksi yang dituangkan dalam BAP, nantinya juga akan dikonfirmasi dengan berbagai alat bukti dan keterangan seluruh saksi lainnya di depan majelis hakim,” kata Ali.

KPK sebelumnya menetapkan Budhi sebagai tersangka TPPU. Penetapan tersangka ini merupakan pengembangan dari penyidikan kasus dugaan korupsi pemborongan, pengadaan atau persewaan pada Dinas PUPR Pemkab Banjarnegara pada 2017 sampai 2018.

"Tim penyidik membuka dan memulai penyidikan terkait adanya dugaan TPPU yang dilakukan oleh tersangka BS dan kawan-kawan," kata Ali di Gedung KPK, Jakarta, Selasa (15/3/2022).

Budhi Sarwono diduga menyembunyikan atau menyamarkan asal usul harta kekayaan yang bersumber dari tindak pidana korupsi. Salah satunya dengan membelanjakan hasil korupsi tersebut dalam bentuk berbagai aset baik bergerak maupun tidak bergerak.

Meski demikian, Ali belum dapat membeberkan lebih jauh aset-aset Budhi Sarwono yang diduga bersumber dari korupsi karena masih didalami tim penyidik.

Sebelumnya, KPK menjerat Budhi atas kasus dugaan korupsi pengadaan barang dan jasa di Kabupaten Banjarnegara 2017-2018. Tak hanya Budhi, dalam kasus ini, KPK juga menjerat orang kepercayaan Budhi, Kedy Afandi.



Saksikan live streaming program-program BeritaSatu TV di sini

Sumber: BeritaSatu.com


BERITA TERKAIT



BERITA LAINNYA












BERITA TERPOPULER


#1

#2

#3

#4

#5

#6

#7

#8

#9

#10

TERKINI