Copyright © 2022 BeritaSatu
Allright Reserved

Waspada, Gelombang Panas Bisa Terjadi di Daerah Tropis

Selasa, 17 Mei 2022 | 14:28 WIB
Oleh : Hendro D Situmorang / WM
Ilustrasi gelombang panas.

Jakarta, Beritasatu.com - Pelaksana Tugas (Plt) Deputi Klimatologi BMKG, Urip Haryoko menyebut, gelombang panas bisa terjadi di belahan bumi mana saja, termasuk di wilayah tropis, sepanjang memenuhi definisinya.

"Yaitu apabila telah terjadi simpangan suhu (anomali) melebihi 5 derajat celsius (°C) dari rata rata klimatologis suhu maksimum yang pernah terjadi," katanya kepada Beritasatu.com, Selasa (17/5/2022).

Organisasi Meteorologi Dunia, mendefinisikan gelombang panas setidaknya sudah berlangsung dalam lima hari berturut-turut atau lebih panas berkepanjangan di mana suhu maksimum harian lebih tinggi dari suhu maksimum rata-rata sebesar 5 °C (9 °F) atau lebih. Namun, beberapa negara telah membuat kriteria mereka sendiri untuk mendefinisikan gelombang panas.

Namun hingga saat ini, lanjut Haryoko, belum pernah ada laporan gelombang panas terjadi di wilayah tropis, karena secara rata-rata iklimnya, suhu di wilayah tropis relatif lebih tinggi dibanding belahan bumi lainnya.

Gelombang panas yang sudah dilaporkan banyak terjadi di negara-negara subtropis (lintang menengah) dan negara-negara di lintang tinggi.

"Kalau di Eropa banyak yang sudah pernah terjadi dan memakan korban jiwa, seperti Perancis, Spanyol, Rumania dan negara-negara Eropa Timur. Sementara untuk di Asia, baru-baru ini yakni India-Pakistan, juga Tiongkok, Jepang, Rusia. Terjadi juga di Amerika Utara, Amerika Selatan, dan Australia," kata Haryoko.



Saksikan live streaming program-program BeritaSatu TV di sini

Sumber: BeritaSatu.com


BERITA TERKAIT



BERITA LAINNYA












BERITA TERPOPULER


#1

#2

#3

#4

#5

#6

#7

#8

#9

#10

TERKINI