Copyright © 2022 BeritaSatu
Allright Reserved

Puan Maharani Targetkan DPR Tuntaskan Sejumlah RUU

Selasa, 17 Mei 2022 | 16:49 WIB
Oleh : Yustinus Paat / CAR
Ilustrasi Rapat Paripurna DPR RI.

Jakarta, Beritasatu.com - Ketua DPR Puan Maharani memastikan DPR berkomitmen menuntaskan pembahasan sejumlah rancangan undang-undang (RUU) pada pembicaraan tingkat I di masa persidangan V tahun sidang 2021-2022. Salah satunya RUU itu antara lain RUU Perlindungan Data Pribadi (PDP).

Hal itu disampaikan Puan dalam pidatonya yang dibacakan Wakil Ketua DPR Sufmi Dasco Ahmad dalam rapat paripurna pembukaan masa persidangan V di gedung Nusantara II, kompleks Parlemen, Jakarta, Selasa (17/5/2022).

“Pada masa persidangan ini, DPR bersama pemerintah dan DPD akan memprioritaskan untuk menuntaskan pembahasan RUU yang saat ini berada dalam pembahasan pembicaraan tingkat I,” kata Puan.

Selain RUU PDP, sejumlah UU yang sudah masuk Pembahasan Tingkat I, antara lain RUU tentang Aparatur Sipil Negara, RUU tentang Hukum Acara Perdata, RUU tentang Praktik Psikologi, RUU tentang Perubahan Kedua atas Undang-Undang (UU) Nomor 12 Tahun 2011 tentang Pembentukan Perundang-undangan dan RUU tentang Landas Kontinen.

Sementara RUU penyesuaian terkait dengan provinsi yaitu, RUU penyesuaian terkait dengan Provinsi Sumatera Barat, RUU penyesuaian terkait dengan Provinsi Riau, RUU penyesuaian terkait dengan Provinsi Jambi, RUU penyesuaian terkait dengan Provinsi Nusa Tenggara Timur, dan RUU penyesuaian terkait dengan Provinsi Nusa Tenggara Barat.

Pembentukan UU yang diselenggarakan oleh DPR dan pemerintah, menurut Puan, saat ini difokuskan pada upaya untuk memenuhi kebutuhan hukum nasional dan mendukung penyelenggaraan pembangunan nasional. Dalam pembentukan UU melalui berbagai pembahasan, semakin dituntut adanya ruang partisipasi masyarakat dalam memberikan masukan dan pandangannya.

“DPR RI berkomitmen agar dapat menghasilkan produk undang-undang yang selaras dengan UUD NRI 1945, memiliki landasan sosiologis yang kuat, mengutamakan kepentingan nasional, dan juga membuka ruang partisipasi rakyat,” jelas Puan.

Selain itu, pada masa sidang ini agenda strategis yang akan dijalani DPR yaitu pembahasan kebijakan ekonomi makro dan pokok-pokok kebijakan fiskal (KEM-PPKF) untuk APBN tahun anggaran 2023, antisipasi kebijakan dan ketahanan fiskal pada tahun 2022 untuk merespons perkembangan perekonomian global yang membebani keuangan negara.

“Kemudian persiapan tahapan Pemilu 2024 yang sudah dimulai pada tahun 2022 ini,” ujar Puan Maharani.

Masa persidangan V DPR tahun Ssidang 2021-2022 akan dimulai sejak 17 Mei 2022 sampai dengan 7 Juli 2022. Anggota DPR diingatkan untuk selalu bekerja memperjuangkan kesejahteraan rakyat.



Saksikan live streaming program-program BeritaSatu TV di sini

Sumber: BeritaSatu.com


BERITA TERKAIT



BERITA LAINNYA












BERITA TERPOPULER


#1

#2

#3

#4

#5

#6

#7

#8

#9

#10

TERKINI