Copyright © 2022 BeritaSatu
Allright Reserved

Kolonel Priyanto Dinilai Sengaja Buang Sejoli Nagreg

Selasa, 17 Mei 2022 | 17:25 WIB
Oleh : Steve Yanto / CAH
Terdakwa dalam kasus pembunuhan dua remaja sipil di Nagreg, Jawa Barat, perwira menengah TNI Kolonel Infanteri Priyanto di Pengadilan Militer Tinggi II Jakarta, Selasa 15 Maret 2022. 

Jakarta, Beritasatu.com - Kolonel Infanteri Priyanto dinilai melakukan kesengajaan membuang sejoli Handi Saputra (17) dan Salsabila (14) ke sungai setelah keduanya ditabrak di Nagreg. Hal itu disampaikan Oditur Kolonel Sus Wirdel Boy membacakan replik atau tanggapan atas pleidoi Kolonel Infanteri Priyanto dalam sidang yang digelar di Ruang Sidang Itama Mliter Tinggi II Jakarta, Selasa (17/5/2022).

Wirdel mengatakan, ada tiga bentuk teori kesengajaan. Tindakan Kolonel Priyanto saat membuang sejoli di Nagreg merupakan sebuah bentuk tindakan kepastian.

"Teori kesengajaan itu ada tiga. Sengaja sebagai maksud, sengaja sebagai kepastian, dan sengaja sebagai tujuan atau alternatif. Kesengajaan yang dilakukan oleh Kolonel Priyanto adalah sebagai bentuk kepastian. Untuk itu, tindakan terdakwa yang semula ingin menghilangkan barang bukti dengan membuang jasad sejoli itu menjadi sebuah bentuk pembunuhan berencana," ujar Wilde.

Atas dasar itu, Oditor Militer II Jakarta memastikan tidak ada perubahan tuntutan kepada Kolonel Priyanto yang harus mempertanggungjawabkan perbuatannya.

Sebelumnya, saat Sidang pledoi pada yang dilaksanakan minggu lalu (10/5/2022), Priyanto menolak dakwaan pasal pembunuhan berencana dan penculikan terhadap Handi dan Salsabila karena ia merasa tidak terbukti.

Kolonel Priyanto dituntut penjara seumur hidup dan dituntut pidana tambahan berupa pemecatan dari dinas kemiliterannya di TNI,karena telah melanggar Pasal Primer 340 KUHP tentang Pembunuhan Berencana jo Pasal 55 Ayat (1) KUHP tentang Penyertaan Pidana, Subsider Pasal 338 KUHP tentang Pembunuhan, jo Pasal 55 Ayat (1) KUHP.



Saksikan live streaming program-program BeritaSatu TV di sini

Sumber: BeritaSatu.com


BERITA TERKAIT



BERITA LAINNYA












BERITA TERPOPULER


#1

#2

#3

#4

#5

#6

#7

#8

#9

#10

TERKINI