Copyright © 2022 BeritaSatu
Allright Reserved

Perwakilan 20 Partai Politik Tandatangani Deklarasi Integritas

Rabu, 18 Mei 2022 | 14:45 WIB
Oleh : Muhammad Aulia / FFS
Penandatanganan deklarasi bersama integritas partai politik di Gedung Juang KPK, Jakarta oleh perwakilan 20 partai politik, Rabu, 18 Mei 2022.

Jakarta, Beritasatu.com – Perwakilan dari 20 partai politik menandatangani deklarasi bersama integritas partai politik di Gedung Juang KPK, Jakarta Rabu (18/5/2022). Penandatanganan tersebut merupakan salah satu rangkaian acara Politik Cerdas Berintegritas yang diselenggarakan KPK.

Diketahui, 20 partai politik tersebut yakni Partai Amanat Rakyat (PAN), Partai Beringin Karya (Berkarya), Partai Bulan Bintang (PBB), Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDIP), Partai Demokrat (PD), Partai Gerakan Indonesia Raya (Gerindra), Partai Gerakan Perubahan Indonesia (Garuda), Partai Golongan Karya (Golkar), Partai Hati Nurani Rakyat (Hanura), Partai Keadilan dan Persatuan Indonesia (PKP Indonesia), dan Partai Keadilan Sejahtera (PKS).

Berikutnya, Partai Kebangkitan Bangsa (PKB), Partai Nasional Demokrat (Nasdem), Partai Persatuan Indonesia (Perindo), Partai Persatuan Pembangunan (PPP), Partai Solidaritas Indonesia (PSI), Partai Aceh (PA), Partai Daerah Aceh (PD Aceh), Partai Nanggroe Aceh (PNA), dan Partai Suara Independen Rakyat Aceh (SIRA).

Pengamatan Beritasatu.com, sejumlah petinggi partai politik yang menghadiri acara tersebut di antaranya Ketua Umum Partai Perindo, Hary Tanoesoedibjo; Sekjen PKS, Aboe Bakar Al Habsyi; Ketua Umum PSI, Giring Ganesha; Wakil Ketua Umum PPP, Arsul Sani; Ketua Umum PKB, Muhaimin Iskandar; hingga Ketua DPP PDIP, Djarot Saiful Hidayat.

Dalam deklarasi tersebut, sejumlah substansi yang ditegaskan yakni partai politik menjunjung tinggi integritas serta turut andil secara aktif dalam upaya pemberantasan korupsi. Sementara itu, Ketua KPK Firli Bahuri dalam kata sambutannya berkeyakinan partai politik saat ini telah memiliki kedewasaan dan kematangan dalam berdemokrasi.

“Kegiatan hari ini tidak lebih dari sebuah gedoran kepada seluruh anak bangsa untuk cinta kepada negerinya untuk mengabdi kepada negerinya yaitu negeri yang kita impikan, negeri yang bebas dari korupsi,” kata Firli.

Sementara, Ketua Komisi Pemilihan Umum (KPU) Hasyim Asy'ari mengapresiasi program Politik Cerdas Berintegritas yang digagas KPK ini.

“Kami menyambut baik program politik cerdas yang digelar oleh KPK dan pada kesempatan hari ini sangat strategis karena yang diundang dan berkomitmen hadir adalah pimpinan partai politik,” kata Hasyim.



Saksikan live streaming program-program BeritaSatu TV di sini

Sumber: BeritaSatu.com


BERITA TERKAIT



BERITA LAINNYA












BERITA TERPOPULER


#1

#2

#3

#4

#5

#6

#7

#8

#9

#10

TERKINI