Copyright © 2022 BeritaSatu
Allright Reserved

Epidemiolog: Kebijakan PPKM Tergantung Situasi Pandemi

Rabu, 18 Mei 2022 | 20:34 WIB
Oleh : Maria Fatima Bona / YUD
Ilustrasi pemberlakuan pembatasan kegiatan masyarakat (PPKM).

Jakarta, Beritasatu.com - Kebijakan pembatasan kegiatan masyarakat (PPKM) tergantung kepada roadmap transisi dari pandemi ke endemi Covid-19. Hal itu dungkapkan oleh Epidemiolog Fakultas Kesehatan Masyarakat Universitas Indonesia (FKM UI) Tri Yunis Miko Wahyono

Miko menuturkan indikator roadmap pandemi Covid-19 harus terbuka kepada semua masyarakat. Roadmap tersebut merujuk pada roadmap yang disusun oleh Organisasi Kesehatan Dunia (WHO). Namun, hingga saat ini WHO belum membuat indikator tersebut.

“Ini harus ada pertemuan internasional untuk membicarakan kita keluar dari pandemi Covid-19. Jadi roadmap keluar dari endemi bukan setiap negara buat kebijakan masing-masing tetapi WHO yang menentukan,” kata Miko saat dihubungi Beritasatu.com, Rabu (18/5/2022).

Menurutnya, selama WHO belum mencabut status pandemi Covid-19, maka PPKM masih tetap berlaku dengan penyesuaian. Untuk kebijakan bebas masker di ruang terbuka, misalnya berlaku di wilayah PPKM level I harus ditentukan ruang terbuka mana saja.

“Ada keterkaitan level PPKM dengan kebijakan pemerintah untuk bebas masker di ruang terbuka, harus diterjemahkan seperti itu,” pungkasnya.

Sebelumnya Menteri Kesehatan (Menkes) Budi Gunadi Sadikin menyampaikan bahwa saat ini Indonesia dalam proses transisi dari pandemi menuju endemi Covid-19.

"Transisisi menuju endemi dilakukan secara bertahap, tidak bisa sekaligus," kata Menkes Budi saat kunjungan kerja ke Tanjungpinamg, Kepulauan Riau (Kepri), Rabu (18/5/2022).

Salah satu upaya yang dilakukan pemerintah menuju endemi, kata dia, yaitu dengan mengendurkan beberapa protokol kesehatan yang tadinya sangat ketat, seperti bebas masker di luar ruangan dan peniadaan tes Covid-19.

Menurutnya hal tersebut secara tak langsung juga dapat mendidik masyarakat agar terbiasa menjaga protokol kesehatan masing-masing individu.

Hal yang sama juga diungkapkan Satuan Tugas (Satgas) Covid-19 menyatakan Indonesia sudah tidak lagi pada kondisi kedaruratan pandemi Covid-19, namun sudah mulai bertransisi menuju fase endemi. Hal ini didasarkan dari tren penurunan angka kasus perawatan di rumah sakit, termasuk layanan intensif dan kematian.

"Bisa dikatakan bahwa saat ini Indonesia sudah tidak lagi berada dalam kondisi kedaruratan dalam respons pandemi Covid-19 dan mulai bertransisi menuju fase endemi," kata Koordinator Tim Pakar dan Juru Bicara Pemerintah untuk Penanganan Covid-19, Prof Wiku Adisasmito, Selasa (10/5/2022).



Saksikan live streaming program-program BeritaSatu TV di sini

Sumber: BeritaSatu.com


BERITA TERKAIT



BERITA LAINNYA












BERITA TERPOPULER


#1

#2

#3

#4

#5

#6

#7

#8

#9

#10

TERKINI