Copyright © 2022 BeritaSatu
Allright Reserved

LSJ: Prabowo Paling Populer di Kalangan Generasi Digital

Kamis, 19 Mei 2022 | 16:37 WIB
Oleh : Muhammad Aulia / WM
Prabowo Subianto.

Jakarta, Beritasatu.com – Ketua Umum Partai Gerindra Prabowo Subianto merupakan sosok yang paling populer dibanding tokoh-tokoh nasional lainnya pada kalangan generasi digital natives. Temuan itu disampaikan oleh Lembaga Survei Jakarta (LSJ) dalam rilis survei bertajuk "Capres Pilihan Generasi Digital Natives" secara daring hari ini.

Peneliti senior LSJ Fetra Ardianto dalam paparannya menyebutkan, ada 97,3% responden dari kalangan generasi digital natives yang mengaku pernah mendengar atau mengenal nama Prabowo Subianto.

“Hasil survei LSJ kali ini memperlihatkan bahwa Prabowo Subianto merupakan kandidat capres yang memiliki tingkat popularitas paling tinggi atau banyak dikenal publik dibandingkan tokoh-tokoh yang lain,” ungkap Fetra saat menyampaikan rilis survei secara daring, Kamis (19/5/2022).

Disebutkan juga dalam paparannya 93,6% responden mengaku kenal dengan Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan dan 93% responden juga mengaku kenal dengan sosok Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo. Tingginya popularitas Anies dan Ganjar tersebut menurut Fetra tak lepas dari andil tim media sosial dari masing-masing kedua tokoh itu.

“Hal ini menunjukkan Anies Baswedan serta Ganjar Pranowo memiliki tim media sosial yang cukup baik khususnya dalam meningkatkan popularitas kedua belah capres pada lingkaran generasi digital natives,” kata Fetra.

Sementara itu, ada 89,9% responden mengaku kenal dengan Menparekraf Sandiaga S Uno, 86,3% mengaku kenal dengan Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil, 83,6% mengaku kenal dengan Komisaris Utama Pertamina Basuki Tjahaja Purnama atau Ahok, 83,1% mengaku kenal dengan Ketua DPR Puan Maharani, 78,4% mengaku kenal dengan Ketua Umum Partai Demokrat Agus Harimurti Yudhoyono (AHY), dan 75,3% mengaku kenal dengan Menteri BUMN Erick Thohir.

“Para tokoh yang pernah ikut kontestasi pilpres atau pilkada juga cenderung lebih dikenal publik daripada yang tidak pernah ikut sama sekali,” ucap Fetra.

Diketahui, survei LSJ kali ini dilaksanakan pada 15 sampai dengan 28 April 2022 di 34 provinsi di seluruh Indonesia. Proses penarikan sampel dilakukan secara purposif dengan klasifikasi berdasarkan usia 15-34 tahun (generasi digital natives).

Proses penentuan jumlah responden memanfaatkan metode lemeshow, diperoleh 1.225 sampel dengan margin of error +/- 2,8 % serta tingkat kepercayaan 95%. Sedangkan pengumpulan data dilakukan melalui teknik tatap muka dengan pedoman kuesioner.



Saksikan live streaming program-program BeritaSatu TV di sini

Sumber: BeritaSatu.com


BERITA TERKAIT



BERITA LAINNYA












BERITA TERPOPULER


#1

#2

#3

#4

#5

#6

#7

#8

#9

#10

TERKINI