Copyright © 2022 BeritaSatu
Allright Reserved

Peringati HUT Ke-57, Lemhannas Kembali ke Titik Nol

Jumat, 20 Mei 2022 | 16:31 WIB
Oleh : Lenny Tristia Tambun / FFS
Gubernur Lemhannas RI Andi Widjajanto memberikan sambutan pada puncak perayaan HUT ke-57 Lemhannas di Kantor Lemhannas, Jakarta, Jumat, 20 Mei 2022.

Jakarta, Beritasatu.com – Gubernur Lembaga Ketahanan Nasional (Lemhannas) Andi Widjajanto mengatakan dalam perayaan HUT ke-57, Lemhannas kembali ke tanggal 20 Mei yang ditetapkan sebagai titik nol Lemhannas.

Hal ini karena pada 20 Mei 1965, Presiden pertama RI, Soekarno menugaskan Lemhannas menjadi sekolah geopolitik yang sadar pertarungan kekuatan antarnegara di dunia berpengaruh pada wilayah Indonesia.

Untuk itu, pada peringatan HUT ke-57 tahun ini, Lemhannas RI mengangkat tema “Transformasi Lemhannas RI: Ketahanan Nasional di Era Geopolitik 5.0”.

Selama 57 tahun berdiri, Lemhannas juga terus berupaya agar kajian-kajian geopolitik yang diserahkan ke presiden tetap relevan. Sehingga, dapat mengantisipasi kemunculan perang generasi V.

“Sekarang, Lemhannas harus melakukan transformasi institusional agar tetap relevan untuk menawarkan rekomendasi-rekomendasi kebijakan tentang proyeksi Geopolitik 5.0,” kata Andi Widjajanto saat memberikan sambutan puncak peringatan HUT ke-57 Lemhannas RI di Lapangan Tenis Lemhannas, Jumat (20/5/2022).

Pada proyeksi geopolitik 5.0, lanjut Andi, Lemhannas fokus pada lima kajian, yakni konsolidasi demokrasi, ekonomi hijau, ekonomi biru, transformasi digital, dan ketahanan Ibu Kota Nusantara.

Selain narasi geopolitik 5.0, Lemhannas juga mengangkat lima isu yang perlu diangkat selama tiga tahun ke depan.

Andi menyebutkan narasi Geo V dirumuskan dengan satu tujuan, yakni menegaskan lompatan strategis yang harus dilakukan Indonesia di lima ranah pertarungan. Lima ranah pertarungan tersebut yaitu demokrasi, ekonomi hijau, ekonomi biru, transformasi digital, serta pembangunan Ibu Kota Nusantara.

“Lima isu ini yang akan menjadi titik berat kami dalam melakukan kajian selama 3 tahun ke depan. Dan yang dipaparkan pagi ini baru merupakan kerangka awal yang nanti akan dikembangkan lebih lanjut menjadi rekomendasi kebijakan yang lebih operasional dari Lemhannas kepada Presiden Indonesia,” ujar Andi WIdjajanto.

Lompatan strategis ini, ungkap Andi, dilakukan agar kapasitas Indonesia dalam melakukan proyeksi geopolitik dapat meningkat tajam.

Pada puncak peringatan HUT ke-57 Lemhannas yang bertepatan dengan Hari Kebangkitan Nasional, Andi Widjajanto menegaskan seluruh anggota Lemhannas harus bergerak sebagai satu keluarga dan memulai kebangkitannya dari diri masing-masing.

“Hari ini saya ingin kembali menegaskan, bahwa kita harus bergerak sebagai satu keluarga. Anggaplah kami yang berdiri di depan ibu bapak sebagai kakak, mungkin beberapa dari ibu bapak harus menganggap saya yang lebih muda sebagai adik. Minimal kita menjadi sahabat, kita menjadi teman baik, kita menjadi keluarga, kita menjadi guyub, kita mulai kebangkitannya dari diri kita sendiri,” tutur Andi Widjajanto.

Berbagai kegiatan digelar dalam rangkaian peringatan HUT ke-57 Lemhannas RI, yaitu lomba kearsipan, bazar Ramadan, lomba video pendek, kegiatan bakti sosial, lomba kebersihan, ziarah ke makam Bung Karno di Blitar, kegiatan donor darah, orasi ilmiah dan peluncuran 57 buku Lemhannas RI, pemilihan pegawai teladan, lomba voli, tenis meja, bulu tangkis, futsal, coaching session, menghias tumpeng, dan pembagian doorprize.



Saksikan live streaming program-program BeritaSatu TV di sini

Sumber: BeritaSatu.com


BERITA TERKAIT



BERITA LAINNYA












BERITA TERPOPULER


#1

#2

#3

#4

#5

#6

#7

#8

#9

#10

TERKINI