Copyright © 2022 BeritaSatu
Allright Reserved

Ova Emilia Terpilih sebagai Rektor UGM Periode 2022-2027

Jumat, 20 Mei 2022 | 19:44 WIB
Oleh : Adam Mardian / FFS
Ova Emilia terpilih sebagai Rektor Universitas Gadjah Mada (UGM) periode 2022-2027.

Yogyakarta, Beritasatu.com - Ova Emilia terpilih sebagai Rektor Universitas Gadjah Mada (UGM) periode 2022-2027. Dalam pemilihan rektor yang digelar di Balai Senat UGM, Ova mengungguli secara telak atas dua lawannya yang berasal dari fakultas teknik yakni Bambang Agus Kironoto, dan Deendarlianto.

Pemilihan rektor baru ini dihadiri Majelis Wali Amanat UGM yang didalamnya terdapat sejumlah menteri Kabinet Indonesia Maju dan juga dihadiri Gubernur DIY, Sri Sultan Hamengkubuwono X.

Dalam pemilihan yang dipimpin Mensesneg Pratikno selaku Ketua Majelis Wali Amanat UGM, Ova Emilia yang berasal dari fakultas kedokteran, kesehatan masyarakat dan keperawatan (FKKMK) UGM mengantongi sebanyak 21 suara dari total 25 suara yang diambil. Sementara Bambang Agus Kironoto meraih satu suara dan dan Deendarlianto tiga suara.

Pratikno berharap Ova Emilia sebagai rektor terpilih dapat memimpin UGM dan membuat lompatan-lompatan baru. Pratikno juga berharap Ova Emilia dapat bekerja sama dengan memanfaatkan ide-ide dan gagasan dengan dua calon rektor lainnya.

"Kami memiliki harapan besar terhadap kepada Prof Ova Emilia agar dapat memimpin UGM dan membuat lompatan kemajuan. Tidak lupa juga harapan kami agar Prof Ova Emilia dapat menjalin kerja sama dengan memanfaatkan ide-ide dan gagasan dari dua calon rektor lainnya," kata Pratikno.

Sementara itu, rektor terpilih Ova Emilia mengucapkan terima kasih atas kepercayaan yang diberikan UGM kepadanya. Ova meminta dukungan dan doa semua pihak agar dapat menjalankan tugas barunya dengan baik sebagai rektor sebuah Universitas besar di Indonesia. Terkait rencana ke depannya, Ova mengaku akan tetap menjaga kemitraan Universitas dan pemerintah yang tetap kritis dan konstruktif.

"Saya mengucapkan terima kasih kepada semua untuk kepercayaan kepada saya untuk memimpin UGM, saya mohon doa dan dukungan semua pihak. Kami akan tetap menjadi mitra dengan pemerintah yang kritis dan konstruktif," katanya.

Rektor sebelumnya Panut Mulyono akan berakhir masa kepemimpinannya pada 28 Mei 2022, sementara Ova akan dilantik sebagai rektor pada 27 Mei 2022.

Selain Sekretaris Negara Pratikno, dalam pemilihan rektor baru UGM ini hadir pula Menteri Perhubungan, Budi Karya Sumadi; Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR), Basuki Hadimuljono; Menteri Luar Negeri, Retno Marsudi; dan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Riset dan Teknologi, Nadiem Makarim.



Saksikan live streaming program-program BeritaSatu TV di sini

Sumber: BeritaSatu.com


BERITA TERKAIT



BERITA LAINNYA












BERITA TERPOPULER


#1

#2

#3

#4

#5

#6

#7

#8

#9

#10

TERKINI