Copyright © 2022 BeritaSatu
Allright Reserved

Viral Perampokan Bersenpi Tewaskan 3 Orang di Kalideres, Polisi: Hoax

Jumat, 20 Mei 2022 | 21:40 WIB
Oleh : Stefani Wijaya / FFS
Ilustrasi perampokan

Jakarta, Beritasatu.com - Sebuah video dengan narasi perampokan menggunakan senjata api di Citra 6, Kalideres, Jakarta Barat (Jakbar) viral di media sosial. Bahkan, dalam narasi video itu disebutkan tiga orang tewas dan Rp 1,5 miliar digasak perampok.

Dalam video tersebut terlihat sebuah bangunan di seberang jalan dengan sekelompok orang dan juga mobil yang melintas. Kemudian, video tersebut diikuti dengan suara laki-laki yang menjelaskan adanya perampokan bersenjata api.

"Diinfokan untuk temen-temen di wilayah Citra 6 telah terjadi perampokan dengan bersenjata api. Tiga orang tewas nih. Di Citra 6 telah terjadi perampokan senilai Rp 1,5 miliar. Kalau ada di Citra 6 merapat nih," kata perekam video seperti dilihat Beritasatu.com, Jumat (20/5/2022).

Kapolsek Kalideres AKP Syafri Wasdar membantah adanya peristiwa tersebut. Bahkan ia mengatakan bahwa informasi dari video itu hoax.

"Untuk saat ini aman terkendali. Apa yang diberitakan itu betul-betul murni hoax," ujar Syafri saat dikonfirmasi wartawan.

Meski demikian, Syafri tidak membantah gambar yang ada video tersebut merupakan Citra 6, Kalideres. Hanya saja ia membantah di lokasi itu terjadi perampokan hingga memakan korban jiwa.

Dikatakan Syafri, adapun peristiwa kriminal yang sempat terjadi di wilayah tersebut yaitu tawuran yang terjadi pada Kamis (19/5/2022) kemarin.

"Kemarin itu pada saat sore-sore itu kita dari kepolisian patroli dan lihat anak-anak kumpul dan kita amankan karena mereka sudah berencana (tawuran). Karena sudah ada dua kelompok jadi sebelum terjadi kita amankan 12 orang," tutur Syafri.

Syafri menyayangkan beredarnya video hoax peramokan tersebut. Bahkan ia menilai pembuat dan penyebar video tersebut memanfaatkan situasi karena peristiwa perampokan itu tidak terjadi.

"Makanya ini kita sudah lapor ke Pak Kasat supaya mungkin suara orang yang ini kan ada orang yang memanfaatkan situasi. Sampai dia menyebutkan (kerugian) Rp 1,5 miliar, ada yang meninggal dan itu gambar yang dia kirim itu betul di Citra 6, tetapi tidak ada peristiwanya. Itu benar-benar hoax," imbuhnya.

Di sisi lain, pihaknya akan memburu orang yang menyebarkan informasi hoaks di media sosial hingga viral itu.

"Jadi ini yang kita lagi cari suara siapa yang bisa mengirim begitu. Karena alhamdulillah untuk di Citra 6, Kalideres, enggak ada perampokan," ucapnya.

Bahkan, polisi akan mengusut penyebar video itu karena dianggap sudah meresahkan masyarakat.

"Iya kita akan cari tahu (penyebar) karena ini sangat meresahkan masyarakat," imbuh Syafri.



Saksikan live streaming program-program BeritaSatu TV di sini

Sumber: BeritaSatu.com


BERITA TERKAIT



BERITA LAINNYA












BERITA TERPOPULER


#1

#2

#3

#4

#5

#6

#7

#8

#9

#10

TERKINI