Copyright © 2022 BeritaSatu
Allright Reserved

Tiongkok Kecam Kanada soal Larangan Teknologi 5G Huawei

Sabtu, 21 Mei 2022 | 12:02 WIB
Oleh : Unggul Wirawan / WIR
Huawei dan jaringan 5G.

Beijing, Beritasatu.com- Tiongkok mengecam Kanada terkait larangan teknologi 5G Huawei dan ZTE untuk jarangan telekomunikasi. Seperti dilaporkan Al Jazeera, Jumat (20/5/2022), Beijing mengecam Ottawa karena memblokir raksasa telekomunikasi Tiongkok Huawei dan ZTE dari jaringan 5G Kanada.

Beijing menggambarkan larangan itu sebagai "tidak berdasar" dan berdasarkan risiko keamanan palsu.

Langkah Kanada yang telah lama ditunggu-tunggu mengikuti Amerika Serikat dan sekutu penting lainnya, dan muncul di tengah pertikaian diplomatik antara Ottawa dan Beijing atas penahanan seorang eksekutif senior Huawei atas surat perintah AS, yang kini telah diselesaikan.

"Tiongkok dengan tegas menentang ini," juru bicara kementerian luar negeri Wang Wenbin mengatakan kepada wartawan tentang blok 5G.

Wenbin menambahkan Beijing akan mengambil semua tindakan yang diperlukan untuk melindungi perusahaan-perusahaan Tiongkok.

"Langkah ini bertentangan dengan prinsip ekonomi pasar dan aturan perdagangan bebas," tambahnya.

Menteri Perindustrian Kanada Francois-Philippe Champagne yang membuat pengumuman pada Kamis, mengutip niat pemerintah untuk melarang masuknya produk dan layanan Huawei dan ZTE dalam sistem telekomunikasi Kanada.

Philippe Champagne menambahkan bahwa perusahaan akan diminta untuk melepas peralatan 5G mereka pada Juni 2024, dan tidak akan diganti. Perusahaan yang menggunakan peralatan 4G mereka harus dihapus pada akhir 2027.

Keputusan Kamis datang setelah perusahaan telekomunikasi di Kanada sudah memilih untuk menggunakan perangkat keras 5G perusahaan lain. ZTE tidak segera menanggapi permintaan komentar.

Amerika Serikat telah memperingatkan implikasi keamanan dari memberikan perusahaan teknologi Tiongkok akses ke infrastruktur telekomunikasi yang dapat digunakan untuk spionase negara.

Baik Huawei dan Beijing telah menolak tuduhan itu, sementara Beijing memperingatkan dampak bagi negara-negara yang memberlakukan pembatasan pada penyedia peralatan telekomunikasi. Pada Jumat, Wang menuduh pemerintah Kanada sangat merusak hak dan kepentingan sah perusahaan Tiongkok.

Selain larangan tersebut, Menteri Keamanan Publik Marco Mendicino mengatakan Kanada akan merancang undang-undang baru untuk melindungi infrastruktur keuangan, telekomunikasi, energi, dan transportasi penting dari ancaman dunia maya.



Saksikan live streaming program-program BeritaSatu TV di sini

Sumber: BeritaSatu.com


BERITA TERKAIT



BERITA LAINNYA












BERITA TERPOPULER


#1

#2

#3

#4

#5

#6

#7

#8

#9

#10

TERKINI