Copyright © 2022 BeritaSatu
Allright Reserved

Gandeng ESQ, Pemprov Sumbar Luncurkan ASN Ber-AKHLAK

Sabtu, 21 Mei 2022 | 12:28 WIB
Oleh : Yudo Dahono / YUD
Gubernur Sumatera Barat Mahyeldi bersama Pendiri ESQ Group Ary Ginanjar Agustian saat meluncurkan core values ASN BerAKHLAK dan employer branding "Bangga Melayani Bangsa" di Padang, Sumatera Barat, Jumat 20 Mei 2022.

Padang, Beritasatu.com - Pemprov Sumbar meluncurkan program ASN Ber-AKHLAK dengan menggandeng ESQ Group, Jumat (20/5/2022). Pemerintah Provinsi Sumatera Barat (Sumbar) meluncurkan core values ASN BerAKHLAK (Berorientasi pelayanan, Akuntabel, Kompeten, Harmonis, Loyal, Adaptif, Kolaboratif) dan employer branding Bangga Melayani Bangsa di lingkupnya, Jumat (20/5/2022).

Kegiatan yang digelar secara hybrid yaitu offline di Kantor Gubernur Sumbar serta online melalui media sosial YouTube dan Zoom Meeting.

“Kalau saya menerjemahkan Ber-AKHLAK ini di samping terjemahan ataupun akronim dari Kementerian PANRB, Ber-AKHLAK ini sudah memiliki makna yaitu hubungan antara makhluk dengan khalik atau penciptanya. Jadi dalam suksesnya ASN menjalankan tugasnya sesuai dengan branding yang dihadirkan oleh Kemen PANRB bahwa Ber-AKHLAK itu menyangkut nilai-nilai seperti Berorientasi pelayanan, Akuntabel, Kompeten, Harmonis, Loyal, Adaptif, Kolaboratif,” tutur Gubernur Mahyeldi dalam sambutannya.

Pria yang akrab disapa Buya Mahyeldi itu melanjutkan bahwa hal itu akan terjadi dan terbentuk ketika hubungan manusia di dalam kerja baik dengan sang khalik atau dengan Allah SWT.

"Kalau kita melihat dalam kurikulum berbangsa dan bernegara kita, maka ini sangat jelas sekali di dalam dokumen-dokumen kehidupan berbangsa dan bernegara bahwa di dalam Undang-Undang Dasar, kita mengatakan bahwasanya kemerdekaan ini lahir atas berkat, rahmat dan karunia Allah Tuhan yang Mahakuasa. Dan di dalam pembukaan Undang Undang Dasar itu berbunyi bahwa kemerdekaan yang kita raih ini atas berkat, rahmat Allah serta pertolongan darinya," ujarnya.

Ia berharap peluncuran core valuesini tidak hanya sampai di sini. Mahyeldi menginginkan nilai-nilai ini dapat diinternalisasikan di tingkat kabupaten/kota, OPD masing-masing. Sehingga apa yang di cita-citakan bisa terlaksana.

"Untuk itu, kami minta kepada BKD, BPSDM untuk memfasilitasi kegiatan selanjutnya bersama Kemendagri, Kementerian PANRB dan ESQ .Sehingga dalam waktu cepat pesan pesan hari ini tersampaikan kepada seluruh ASN Sumbar. Dan juga terima kasih dan support-nya kepada Ary sebagai motivator serta pembangunan karakter dari ESQ,” harapnya.

Sementara itu, motivator Ary Ginanjar memberikan apresiasi dan terima kasih kepada semua pembicara yang sudah menyampaikan paparannya. Tak lupa ia sampaikan pujian kepada Sekjen Kemendagri yang memberikan contoh dan mengajarkan terlebih dulu untuk meluncurkan kegiatan serupa di kampung halamannya di Karimun.

“Juga kepada Alex Denni yang ternyata orang Minang. Saya bersyukur sekali mengenal beliau. Saya support beliau karena apa yang beliau rencanakan itu menjawab tantangan 4.0. Terkait bagaimana membuat e-government tetapi tetap berbasis nilai nilai Ber-AKHLAK dan bisa diterjemahkan secara digital. Saya tidak mau program ini sampai gagal karena manajemen ke depan atau human resource-nya berbasis digital,” ungkap Ary.

Ia juga mengajak kepada jajaran pemerintah daerah yang belum jadi alumni ESQ untuk mengikuti pelatihan ESQ 4 tingkat secara gratis. Karena ia pun berharap tahun 2030 semuanya jadi Alumni ESQ.

“Ada satu hal yang luar biasa hari ini, Gubernur dan Wagub Sumbar adalah alumni ESQ yang menjadi role model harmonis, dua duanya kompak Subhanallah. Kalau berbicara harmonis di sinilah kita belajar," tandasnya.

“Atas nama Kementerian PANRB tentu saja kami mengucapkan terimakasih atas support yang luar biasa dari gubernur untuk memastikan core values ini dilaunching. Izinkan saya berbicara lebih banyak why-nya dibanding bagaimana dan apa. Karena ‘apanya’ gampang sekali, Ber-AKHLAK cuma akronim dari suku kata yang sudah di-elaborate oleh Gubernur tadi bahkan sampai ke yang paling mendasar yaitu hubungan secara vertikal kepada yang Mahakuasa,” papar Deputi SDM Aparatur Kementerian PANRB Alex Denni.



Saksikan live streaming program-program BeritaSatu TV di sini

Sumber: BeritaSatu.com


BERITA TERKAIT



BERITA LAINNYA












BERITA TERPOPULER


#1

#2

#3

#4

#5

#6

#7

#8

#9

#10

TERKINI