Copyright © 2022 BeritaSatu
Allright Reserved

Biden Puji Peran Korea Selatan Amankan Pasokan Global

Sabtu, 21 Mei 2022 | 13:02 WIB
Oleh : Unggul Wirawan / WIR
Presiden AS Joe Biden (kanan) berpartisipasi dalam upacara peletakan karangan bunga untuk menghormati korban yang tewas dalam Perang Korea di Pemakaman Nasional di Seoul pada Sabtu 21 Mei 2022. 

Seoul, Beritasatu.com- Presiden Amerika Serikat AS) Joe Biden memuji peran Korea Selatan yang mengamankan pasokan global. Seperti dilaporkan Reuters, Jumat (20/5/2022), Biden mengunjungi pabrik semikonduktor Samsung Electronics. Biden menggarisbawahi pesan keamanan ekonomi dengan memperhatikan Tiongkok dan perang di Ukraina.

Biden mendarat di Pangkalan Udara Osan militer AS di Pyeongtaek, selatan Seoul, dan segera meluncur ke pabrik terdekat Samsung, pabrik semikonduktor terbesar di dunia. Di sana, Biden disambut Presiden Korea Selatan Yoon Suk-yeol, seorang pendatang baru di dunia politik, untuk pertama kalinya secara langsung.

Chip canggih untuk fungsi seperti seluler, 5G, komputasi kinerja tinggi, dan kecerdasan buatan, telah menjadi titik fokus persaingan dengan Tiongkok dan kekhawatiran atas gangguan rantai pasokan global yang disebabkan oleh pandemi.

“Gelombang kejut ekonomi dari perang Rusia di Ukraina telah lebih jauh menyoroti kebutuhan untuk mengamankan rantai pasokan kritis sehingga ekonomi AS dan keamanan nasional tidak bergantung pada negara-negara yang tidak berbagi nilai-nilai kita,” kata Biden dalam sambutannya di pabrik.

Biden mengatakan masa depan akan ditulis di Indo-Pasifik dan sekarang saatnya bagi Amerika Serikat dan mitra yang berpikiran sama untuk saling berinvestasi.

“Komponen penting tentang bagaimana kami akan melakukannya dalam pandangan saya adalah dengan bekerja dengan mitra dekat yang berbagi nilai-nilai kami, seperti Republik Korea,” tambahnya.

Kedua pemimpin itu mengunjungi pabrik tersebut, yang disebut Gedung Putih sebagai model untuk pabrik baru senilai US$17 miliar (Rp 249 triliun) yang akan dibangun Samsung di Taylor, Texas.

“Dengan kunjungan hari ini, saya berharap hubungan Korea-AS akan terlahir kembali sebagai aliansi ekonomi dan keamanan berdasarkan kerjasama teknologi tinggi dan rantai pasokan,” kata Yoon.

Namun Yoon juga mendesak Biden untuk memberikan insentif bagi bisnis Korea Selatan dan AS untuk berinvestasi di negara masing-masing.

Wakil Ketua Samsung Electronics Jay Y Lee dibebaskan dari menghadiri sidang pengadilan penipuan akuntansi pada Jumat (20/5) untuk menjadi tuan rumah tur presiden AS.

Melawan kehadiran Tiongkok di kawasan itu adalah tema utama Biden dalam perjalanan tersebut. Namun Korea Selatan kemungkinan akan memberikan nada hati-hati di depan umum mengenai topik tersebut mengingat Beijing adalah mitra dagang utama Seoul.

Korea Selatan diharapkan menjadi salah satu anggota perdana Kerangka Ekonomi Indo-Pasifik (IPEF) Biden, yang akan diumumkan selama perjalanan untuk menetapkan standar tenaga kerja, lingkungan, dan rantai pasokan.



Saksikan live streaming program-program BeritaSatu TV di sini

Sumber: BeritaSatu.com


BERITA TERKAIT



BERITA LAINNYA












BERITA TERPOPULER


#1

#2

#3

#4

#5

#6

#7

#8

#9

#10

TERKINI