Copyright © 2022 BeritaSatu
Allright Reserved

Jokowi Dinilai Lebih Dukung Ganjar, Ini Alasannya

Minggu, 22 Mei 2022 | 19:51 WIB
Oleh : Yustinus Paat / WM
Presiden Joko Widodo (Jokowi) menghadiri acara pembukaan Rapat Kerja Nasional (Rakernas) V relawan Pro Jokowi (Projo) di Magelang.

Jakarta, Beritasatu.com - Pengamat politik dari Universitas Al-Azhar Indonesia Ujang Komaruddin berpendapat, Presiden Jokowi lebih mendukung Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo dibandingkan Ketua DPR Puan Maharani di Pilpres 2024. Pasalnya, kata Ujang, Jokowi lebih mampu mengendalikan Ganjar dibandingkan Puan jika Jokowi tidak menjabat Presiden lagi.

"Kecil kemungkinan Jokowi dukung Puan, karena jika Puan jadi, Jokowi tak akan bisa kendalikan Puan, karena Puan tentu akan lebih patuh pada Megawati Soekarnoputri (Ketum PDIP)," ujar Ujang kepada wartawan, Minggu (22/5/2022).

Ujang mengatakan, sejak dulu sudah memprediksikan bahwa kemungkinan besar capres yang didukung Jokowi tidak didukung PDIP. Begitu juga sebaliknya. Menurut dia, pernyataan Jokowi di acara Rakernas Projo, Magelang, Sabtu (21/5/2022) menjadi sinyal kuat Jokowi tidak dukung Puan yang sudah digadang-gadang PDIP.

"Jokowi tak akan punya power apa-apa ketika sudah tak jadi presiden, karena itu Jokowi akan cari pegangan," tandas dia.

Menurut Ujang, jika Jokowi benar-benar mendukung Ganjar Pranowo sebagaimana sinyal yang disampaikan di acara Rakernas Projo, maka Jokowi berharap bisa memegang dan mengamankan Jokowi ketika sudah tidak menjabat Presiden lagi.

"Harapannya Ganjar bisa dipegang dan bisa amankan dan back up Jokowi ketika sudah tak jabat sebagai presiden lagi. Ganjar dianggap bisa manut dan tunduk pada Jokowi," pungkas Ujang.

Sebelumnya, Jokowi dalam rakernas Projo di Magelang, Jawa Tengah, Sabtu (21/5/2022) menyinggung soal dukungannya di Pilpres 2024 kepada figur yang hadir di rakernas.

"Makanya, untuk urusan politik, ojo kesusu sik. Jangan tergesa-gesa. Meskipun mungkin yang kita dukung ada di sini," kata Jokowi disambut teriakan Projo, Sabtu (21/5/2022).

"Hidup pak Ganjar," teriak mereka kompak.



Saksikan live streaming program-program BeritaSatu TV di sini

Sumber: BeritaSatu.com


BERITA TERKAIT



BERITA LAINNYA












BERITA TERPOPULER


#1

#2

#3

#4

#5

#6

#7

#8

#9

#10

TERKINI