Copyright © 2022 BeritaSatu
Allright Reserved

Satu Pasien Diduga Hepatitis Akut Terinfeksi Covid-19

Selasa, 24 Mei 2022 | 23:48 WIB
Oleh : Hendro D Situmorang / FFS
Ilustrasi Hepatitis.

Jakarta, Beritasatu.com - Juru Bicara Kementerian Kesehatan (Kemenkes), Mohammad Syahril menyatakan satu pasien diduga menderita hepatitis akut misterius positif Covid-19.

"Dari 16 kasus diduga hepatitis akut, ada satu pasien dinyatakan positif Covid-19," kata Syahril dalam konferensi pers Perkembangan Kasus Hepatitis Akut dan Cacar Monyet di Indonesia, Selasa (24/5/2022).

Namun, Syahril tidak memerinci satu pasien positif Covid-19 tersebut. Dengan demikian, tidak diketahui usia, asal wilayah, maupun kondisi terkini pasien hepatitis akut yang positif Covid-19.

Selain terdapat pasien diduga hepatitis yang positif Covid-19, Kemenkes pun menerima laporan adanya satu pasien diduga hepatitis akut yang positif terinfeksi virus cytomegalovirus (CMV). Virus ini pun diduga menjadi patogen yang menyebabkan hepatitis secara umum.

Terkait dengan apakah adenovirus teridentifikasi di 16 kasus diduga hepatitis akut, Syahril menegaskan hingga saat ini tidak ada pasien diduga hepatitis akut yang positif adenovirus.

"Sampai saat ini, tidak ditemukan pasien diduga hepatitis akut yang positif adenovirus. Hingga saat ini kasus hepatitis akut di Indonesia masih belum diketahui penyebabnya," ucap dia.

Terdapat enam dugaan penyebab hepatitis akut berdasarkan data UK Health Security Agency pada 19 Mei 2022, yakni adenovirus biasa, adenovirus varian baru, sindrom post-infeksi SARS-CoV-2, paparan obat, lingkungan, atau toksin, patogen baru, kemudian varian baru SARS-CoV-2.

“Ini hipotesis-hipotesis, atau kemungkinan-kemungkinan, atau dugaan-dugaan sebagai penyebab hepatitis akut,” kata Syahril.

Dikatakan, hipotesis tersebut terjadi di Inggris dan Amerika. Terkait kondisi di Indonesia, ia mengatakan tinggal menunggu informasi terbaru hasil penelitian dugaan penyebab hepatitis akut tersebut.

“Nanti kita ikuti saja karena ini baru hipotesis, kita akan mengarah ke enam hipotesis itu yang menjadi dugaan kuat oleh para ahli atau para ilmuwan,” ucapnya.

Situasi nasional hepatitis di Indonesia per tanggal 23 Mei 2022 pukul 16.00 WIB kasus kumulatif dugaan hepatitis akut ada 35 kasus. 19 kasus di antaranya discarded, dan ada 16 kasus probable dan pending classification.



Saksikan live streaming program-program BeritaSatu TV di sini

Sumber: BeritaSatu.com


BERITA TERKAIT



BERITA LAINNYA












BERITA TERPOPULER


#1

#2

#3

#4

#5

#6

#7

#8

#9

#10

TERKINI