Copyright © 2022 BeritaSatu
Allright Reserved

Jerman Desak Hungaria Sepakati Embargo Minyak Rusia

Rabu, 25 Mei 2022 | 07:08 WIB
Oleh : Unggul Wirawan / WIR
Robert Habeck

Davos, Beritasatu.com- Jerman mendesak Hungaria menyepakati embargo minyak Rusia. Seperti dilaporkan CNN, Senin (23/5/2022), keputusasaan Jerman atas penolakan beberapa negara Eropa terhadap embargo minyak Rusia terungkap pada Senin (23/5).

"Kami telah melihat yang terburuk di Eropa [di] bahwa hanya beberapa negara yang menghalangi pembangunan,” keluh Menteri Ekonomi Jerman, Robert Habeck, kepada panel di Forum Ekonomi Dunia (WEF) di Davos, Swiss.

Habeck mengakui bahwa ketergantungan setiap negara Uni Eropa pada minyak mentah Rusia berbeda, dan akomodasi harus dibuat. Dia mengharapkan Hungaria untuk menerima "pengecualian khusus" dalam embargo minyak yang akan datang.

"Tetapi, dengan mengatakan itu, saya mengharapkan semua orang - juga Hungaria - bahwa mereka bekerja untuk menemukan solusi dan tidak mengatakan 'OK kami memiliki pengecualian dan kemudian kami akan berbaring dan membangun kemitraan kami dengan Putin'," katanya pada pertemuan itu.

Pada Senin, Presiden Ukraina Volodymyr Zelensky mendesak negara-negara untuk menjatuhkan sanksi "maksimum" terhadap Rusia atas invasinya ke Ukraina, termasuk embargo minyak penuh.

Dalam pidato video di forum tersebut, Zelensky menambahkan bahwa masyarakat internasional harus siap menggunakan sanksi secara preventif, bukan hanya untuk menanggapi ancaman invasi Rusia di masa depan.

Uni Eropa telah setuju untuk menghapus impor batu bara Rusia, tetapi embargo minyak jauh lebih kontroversial. Menurut Komisi Eropa, sekitar 27% dari impor minyak Eropa berasal dari Rusia tahun lalu.

Tetapi beberapa negara Eropa timur, termasuk Hungaria, Slovakia, dan Republik Ceko, sangat bergantung pada minyak Rusia yang dikirim melalui pipa, dan hanya memiliki sedikit alternatif langsung.

Pada awal Mei, Zoltan Kovacs, juru bicara Perdana Menteri Hungaria Viktor Orban, mengatakan blok tersebut telah menawarkan negaranya satu tahun ekstra untuk menghentikan minyak Rusia, tetapi Hungaria berpendapat perlu lebih banyak waktu.

Embargo Eropa penuh atas gas Rusia akan lebih sulit dicapai daripada yang menargetkan minyak. Sekitar 45% impor gas Eropa berasal dari Rusia pada tahun 2021, menurut IEA.

"Periode terpendek, kami sudah jelas tentang itu, perusahaan minyak kami sudah jelas tentang itu, adalah tiga hingga lima tahun," kata Kovacs kepada CNN.

Menurut Badan Energi Internasional, sekitar 40% minyak impor Hungaria berasal dari Rusia tahun lalu.

“Jerman, ekonomi terbesar Eropa, sangat rentan. Rusia menyumbang sekitar 55% dari impor gasnya sebelum perang, tetapi Jerman telah mengurangi bagiannya menjadi 35%,” kata Habeck bulan lalu.



Saksikan live streaming program-program BeritaSatu TV di sini

Sumber: BeritaSatu.com


BERITA TERKAIT



BERITA LAINNYA












BERITA TERPOPULER


#1

#2

#3

#4

#5

#6

#7

#8

#9

#10

TERKINI