Copyright © 2022 BeritaSatu
Allright Reserved

Generasi Milenial Didorong Jadi Agen Perubahan di Papua

Rabu, 25 Mei 2022 | 09:31 WIB
Oleh : Yudo Dahono / YUD
Pertunjukan Rakyat Papua "Peran Generasi Milenial Papua Sebagai Agen Perubahan di Papua" yang dilaksanakan di Kabupaten Manokwari, Papua Barat.

Jayapura, Beritasatu.com - Generasi milenial didorong untuk menjadi agen perubahan di tanah Papua guna mewujudkan Papua yang Mandiri, Adil, dan Sejahtera. Kepedulian pemerintah terhadap Tanah Papua dapat dilihat dari berbagai implementasi kebijakan percepatan pembangunan kesejahteraan. Secara kebijakan, terbitnya Undang-Undang tentang Otonomi Khusus Papua yang mendorong berbagai kemajuan pembangunan dan kesejahteraan bagi rakyat Papua telah dan akan terwujud.

Pelaksanaan otonomi khusus Papua diterbitkannya Undang-Undang Nomor 2 Tahun 2021 tentang Perubahan Kedua atas UU 21/2001 tentang Otonomi Khusus bagi Provinsi Papua. Pemerintah pun tengah menyusun Rencana Induk Percepatan Pembangunan Papua dengan visi pembangunan 2041 upaya mewujudkan “Papua yang Mandiri, Adil, dan Sejahtera.”

Pemerintah pun tengah menyusun Rencana Induk Percepatan Pembangunan Papua dengan visi pembangunan 2041 sebagai upaya guna mewujudkan “Papua yang Mandiri, Adil, dan Sejahtera.” Kementerian Komunikasi dan Informatika, melalui Direktorat Jenderal Informasi dan Komunikasi Publik, bertanggungjawab atas terwujudnya peningkatan pengelolaan komunikasi publik dan diplomasi yang terpadu.

"Kementerian Kominfo bertanggungjawab untuk meningkatkan pengelolaan informasi dan komunikasi publik yang terpadu, inovatif, intensif, dan berkeadilan terkait percepatan pembangunan kesejahteraan di Provinsi Papua dan Provinsi Papua Barat," kata Dwi Dianingsih selaku Koordinator Bidang Politik dan Pemerintahan Dit. Polhukam, Ditjen IKP Kementerian Komunikasi dan Informatika pada acara Pertunjukan Rakyat Papua yang dilaksanakan di Kabupaten Manokwari, Papua Barat.

Dwi menambahkan bahwa Direktorat Informasi dan Komunikasi Politik, Hukum, dan Keamanan menyelenggarakan program literasi politik dan pemerintahan melalui pertunjukan rakyat di Manokwari. Pertunjukan tersebut bertujuan memberi ruang ekspresi kepada masyarakat terutama komunitas seni budaya di Papua Barat, seperti kelompok teater, kelompok tari, dan lainnya untuk turut berpartisipasi dalam pembangunan, sesuai dengan bakat dan kemampuan masing-masing.

Di samping itu, kegiatan ini juga akan menarik minat milenial karena konsep penyelenggaraan acara yang serius tapi santai, tidak menggurui namun menginspirasi.

Pertunjukan rakyat tersebut menghadirkan penduduk asli Papua sebagai pengisi acara. Hal itu didukung oleh tokoh masyarakat Papua Barat, Sius Dowansiba, tokoh Milenial Papua, Paskalis Pigai serta Bambang Gunawan, selaku Direktur Informasi dan Komunikasi Politik, Hukum dan Keamanan, Ditjen IKP Kementerian Komunikasi dan Informatika.

Diharapkan dengan aktivitas pertunjukan rakyat ini, implementasi kebijakan afirmatif untuk orang asli Papua yang diselenggarakan oleh pemerintah pusat dan daerah, dapat diketahui, disambut baik, dan didukung oleh berbagai kelompok masyarakat Papua dan seluruh Indonesia.



Saksikan live streaming program-program BeritaSatu TV di sini

Sumber: BeritaSatu.com


BERITA TERKAIT



BERITA LAINNYA












BERITA TERPOPULER


#1

#2

#3

#4

#5

#6

#7

#8

#9

#10

TERKINI