Copyright © 2022 BeritaSatu
Allright Reserved

Jenderal Andika Perkasa Masuk Radar Capres-Cawapres PKB

Rabu, 25 Mei 2022 | 20:52 WIB
Oleh : Yustinus Paat / JAS
Jenderal Andika Perkasa.

Jakarta, Beritasatu.com - Partai Kebangkitan Bangsa (PKB) masih membuka kemungkinan tokoh dari luar partai untuk menjadi capres dan cawapres yang diusung PKB, salah satunya adalah Panglima TNI Jenderal Andika Perkasa.

Hal ini disampaikan Wakil Ketua Umum PKB, Jazilul Fawaid saat ditanya awak media soal kemungkinan tokoh nonparpol diusung partainya. "Masuk dong," ujar Jazilul di Gedung DPR, Kompleks Parlemen, Senayan, Jakarta, Rabu (25/5/2022).

Gus Jazil, sapaan akrabnya, partainya sebenarnya fokus mengusung Ketua Umum PKB Muhaimin Iskandar sebagai capres di Pilpres 2024. Dengan mengusung kader sendiri, kata dia, menjadi bukti bahwa partai bekerja melakukan kaderisasi kepemimpinan nasional.

"Kita berharap 2024 sudah lah partai-partai ini berikan bukti kepada masyarakat bahwa partai ini bekerja untuk melahirkan kader sebisa mungkin calonnya dari ketua umum-ketua umum partai kan lebih enak lebih fair,” tandas dia.

Karena itu, kata dia, PKB optimistis untuk mengusung Cak Imin sebagai kandidat capres dan akan menyodorkan dalam koalisi yang akan dibentuk partai itu. Apalagi, kata dia, Cak Imin merupakan ketum dengan elektabilitas tertinggi ketiga setelah Ketum Partai Gerindra Prabowo Subianto dan Ketum Partai Demokrat Agus Harimurti Yudhoyono atau AHY.

"Dalam konteks partai, kan elektoral ketua umum paling tinggi kan Pak Prabowo, setelah itu baru Pak AHY, kemudian Pak Muhaimin. Jadi kita ada di slot ketum-ketum partai yang sebenarnya secara elektoral mampu, jadi bukan omong kosong apa yang disampaikan Pak Muhaimin itu," jelas dia.

Lebih lanjut, Gus Jazil mengatakan bahwa PKB selalu memiliki faktor x dalam urusan pencapresan. Pada Pilpres 2019, kata dia, faktor x adalah KH Ma'ruf Amin yang saat ini menjadi Wapres dan faktor x Pilpres 2024 adalah Cak Imin.

"Selalu pasti dari PKB faktor x. Kemarin x-nya adalah Kiai Ma'ruf Amin itu PKB. Kita ingin faktor x di Pemilu 2024 adalah Gus Muhaimin, sehingga tidak diterjemahkan lagi," pungkas Gus Jazil.



Saksikan live streaming program-program BeritaSatu TV di sini


BERITA TERKAIT



BERITA LAINNYA












BERITA TERPOPULER


#1

#2

#3

#4

#5

#6

#7

#8

#9

#10

TERKINI