Copyright © 2022 BeritaSatu
Allright Reserved

Mulai 28 Mei Tak Ada KRL Langsung Bogor ke Tanah Abang

Kamis, 26 Mei 2022 | 01:47 WIB
Oleh : Dwi Argo Santosa / DAS
Calon penumpang menunggu kedatangan KRL Commuter Line, di Stasiun Tanah Abang, Jakarta Pusat, Kamis, 10 Maret 2022.

Jakarta, Beritasatu.com - Para penumpang kereta rel listrik (KRL) dari arah Bogor tidak bisa lagi menikmati kereta yang langsung mengantarkan mereka ke Stasiun Sudirman maupun Tanah Abang, Jakarta. Pasalnya, sejak 28 Mei 2022 mendatang PT Kereta Commuter Indonesia atau KAI Commuter mengubah rute perjalanan KRL.

Salah satu perubahan adalah penghapusan rute KRL Commuter Line Bogor-Jatinegara atau biasa disebut Lin Lingkar atau loop line. Alhasil, hanya akan ada rute Bogor-Stasiun Jakarta Kota.

Selama ini jalur Lin Lingkar melayani perjalanan dari Bogor melintasi Manggarai, Sudirman, Karet, Tanah Abang, Duri, Angke, Kampung Bandan hingga Jatinegara.

Rute baru KRL Jabodetabek, berlaku sejak 28 Mei 2022.

Penumpang dari Bogor atau Depok, bahkan juga Stasiun Nambo, bisa menuju kawasan Sudirman atau yang dikenal dengan Stasiun Dukuh Atas maupun ke Tanah Abang tanpa harus berganti kereta. Demikian juga bila ingin ke stasiun-stasiun berikutnya seperti Angke atau Kampung Bandan.

Kereta jalur ini biasanya dipenuhi oleh penumpang yang bekerja di kawasan sepanjang Thamrin-Sudirman atau Setiabudi serta warga yang punya usaha dan ingin berbelanja di kawasan Tanah Abang.

Dalam peta perjalanan KRL Commuter Line, rute dengan relasi terpanjang, yaitu sekitar 70 km ini digambarkan dengan garis warna kuning.

Lin Lingkar Bogor-Jatinegara juga merupakan rute terlama kedua setelah rute Tanah Abang-Rangkasbitung (garis hijau atau Green Line).

Bukan hanya itu. Rute relasi Bogor-Jatinegara ini memiliki tingkat volume penumpang terbanyak kedua setelah rute relasi Bogor-Jakarta Kota (garis merah atau Red Line).

Lin Lingkar ini akan dinonaktifkan mulai 28 Mei 2022 seiring dengan adanya perbaikan Stasiun Manggarai.

Menurut Kepala Balai Teknik Perkeretaapian Wilayah Jakarta dan Banten, Direktorat Jenderal Perkeretaapian Kemenhub, Rode Paulus, pemberlakuan pola operasi baru KRL Commuter Line akan dilakukan setelah kegiatan pengondisian dengan switch over (SO) ke-5 selesai dilaksanakan pada 28 Mei 2022.

Karena sudah tidak ada lagi rute langsung Bogor-Jatinegara maka para penglaju dari Bogor, Citayam, Depok, atau Nambo harus rela berganti kereta di Stasiun Manggarai terlebih dahulu bila ingin ke Dukuh Atas, Tanah Abang, atau Jatinegara.

Para penumpang ini harus turun kereta dan beralih naik kereta dari Cikarang (Bekasi) yang melayani arah ke Jatinegara.

Ilustrasi penumpang KRL.

Seiring dengan penghapusan rute Lin Lingkar Bogor-Jatinegara, perubahan rute lainnya adalah Lin Cikarang yang akan berganti nama menjadi Lin Lingkar Cikarang.

Rute ini sebelumnya melayani rute Cikarang (Bekasi) denga tujuan Jakarta Kota, atau sebaliknya. Sejak 28 Mei 2022 mendatang rutenya tidak lagi ke Jakarta Kota melainkan melayani melingkari Pasar Senen, Kampung Bandan, Angke, Tanah Abang dan Manggarai, seperti rute yang sebelumnya dilayani kereta Lin Lingkar Bogor-Jatinegara.

Dengan demikian, penumpang dari arah Bekasi yang ingin ke Stasiun Kota, atau stasiun-stasiun seperti Cikini, Gondangdia, Juanda, Sawah Besar atau Manggadua harus turun di Stasiun Manggarai guna berganti kereta jurusan Jakarta.

Sebaliknya para penumpang kereta dari Bekasi tak perlu lagi transit di Manggarai bila mereka ingin ke Sudirman, Tanah Abang, Duri dan seterusnya sampai Jatinegara karena sudah ada kereta yang langsung melayaninya.



Saksikan live streaming program-program BeritaSatu TV di sini

Sumber: BeritaSatu.com


BERITA TERKAIT



BERITA LAINNYA












BERITA TERPOPULER


#1

#2

#3

#4

#5

#6

#7

#8

#9

#10

TERKINI