Copyright © 2022 BeritaSatu
Allright Reserved

Spanyol Kucurkan Rp 191 Triliun untuk Industri Microchip

Kamis, 26 Mei 2022 | 07:07 WIB
Oleh : Unggul Wirawan / WIR
Perdana Menteri Spanyol Pedro Sanchez menyampaikan pidato selama sesi pertemuan tahunan Forum Ekonomi Dunia (WEF) di Davos pada Selasa 24 Mei 2022. 

Madrid, Beritasatu.com- Pemerintah Spanyol telah menyetujui rencana untuk membelanjakan 12,25 miliar euro (Rp 191 triliun) untuk industri semikonduktor dan microchip pada tahun 2027. Seperti dilaporkan Reuters, Selasa (24/5/2022), Menteri Ekonomi Nadia Calvino mengatakan anggaran itu termasuk 9,3 miliar euro (Rp 145 triliun) untuk mendanai pembangunan pabrik.

Program yang sebagian besar terdiri dari dana bantuan pandemi Uni Eropa diarahkan ke ekonomi digital dan permintaan yang diciptakan oleh kekurangan chip. Awalnya ditetapkan pada 11 miliar euro (Rp 171 triliun) ketika diumumkan oleh Perdana Menteri Pedro Sanchez bulan lalu.

"Tujuannya adalah untuk secara komprehensif mengembangkan desain dan kapasitas produksi mikroelektronika Spanyol dan industri semi-konduktor, yang mencakup seluruh rantai nilai mulai dari desain hingga manufaktur chip," kata Menteri Ekonomi Calvino dalam konferensi pers setelah rapat kabinet mingguan.

Lonjakan permintaan yang tak terduga di tengah pandemi dan masalah rantai pasokan telah menciptakan kekurangan microchip di seluruh dunia. Kondisi itu memaksa beragam produsen global untuk memperlambat produksi tahun lalu, termasuk di Spanyol di mana pembuat mobil Volkswagen dan Renault sebagian menganggur jalur perakitan.

“Rencana tersebut akan membiayai kapasitas produksi semikonduktor domestik dalam manufaktur semikonduktor terdepan (di bawah 5 nanometer) dan menengah (di atas 5 nanometer) dengan investasi 9,3 miliar euro,” kata pemerintah.

Anggaran Spanyol akan mendanai penelitian dan pengembangan dengan subsidi 1,1 miliar euro (Rp 17 triliun) dan 1,3 miliar euro (Rp 20 triliun) akan dialokasikan untuk desain chip.

Anggaran juga akan mendukung perusahaan Spanyol dalam proyek strategis yang dikembangkan di tingkat Eropa dan akan menciptakan 200 juta Chip Fund untuk membiayai start-up dan peningkatan di sektor semikonduktor Spanyol.

Menurut Calvino, kurangnya dukungan, komitmen, visi atau bahkan strategi yang koheren adalah beberapa alasan mengapa industri chip tidak ada di Spanyol sejauh ini.

"Kami ingin Spanyol memainkan peran yang relevan di bidang teknologi ini, peran yang layak, dan dana Eropa menawarkan peluang luar biasa," katanya.



Saksikan live streaming program-program BeritaSatu TV di sini

Sumber: BeritaSatu.com


BERITA TERKAIT



BERITA LAINNYA












BERITA TERPOPULER


#1

#2

#3

#4

#5

#6

#7

#8

#9

#10

TERKINI