Copyright © 2022 BeritaSatu
Allright Reserved

Zelensky Hanya Akan Berunding Langsung dengan Putin

Kamis, 26 Mei 2022 | 09:59 WIB
Oleh : Unggul Wirawan / WIR
Presiden Ukraina Volodymyr Zelensky terlihat di layar raksasa di sebelah Pendiri dan ketua eksekutif Forum Ekonomi Dunia Klaus Schwab selama pidatonya melalui konferensi video sebagai bagian dari pertemuan tahunan Forum Ekonomi Dunia (WEF) di Davos pada Senin 23 Mei 2022. 

Davos, Beritasatu.com- Presiden Ukraina Volodymyr Zelensky mengatakan hanya bersedia berbicara langsung dengan Vladimir Putin dan tidak melalui perantara. Seperti dilaporkan Reuters, Rabu (25/5/2022), Zelensky menambahkan bahwa jika Presiden Rusia "memahami kenyataan", ada kemungkinan menemukan jalan keluar diplomatik dari konflik.

Zelensky menambahkan bahwa jika Presiden Rusia "memahami kenyataan" ada kemungkinan menemukan jalan keluar diplomatik dari konflik.

Zelensky, berbicara kepada audiensi di Forum Ekonomi Dunia di Davos, juga mengatakan bahwa Ukraina akan berjuang sampai merebut kembali semua wilayahnya.

Presiden Ukraina mengatakan bahwa Moskwa harus menarik pasukannya kembali ke garis sebelum Rusia memulai invasi pada 24 Februari.

"Itu mungkin langkah pertama menuju pembicaraan," katanya, seraya menambahkan bahwa Rusia telah mengulur waktu dalam pembicaraannya dengan Ukraina.

Berbicara melalui tautan video di Forum Ekonomi Dunia tahun ini di Davos, Swiss, Presiden Volodymyr Zelensky menyatakan kesediaan untuk bernegosiasi dengan Presiden Rusia Vladimir Putin secara langsung, tetapi menekankan bahwa Moskwa perlu menjelaskan bahwa pihaknya juga siap untuk “beralih dari perang berdarah ke diplomasi."

“Itu mungkin jika Rusia menunjukkan setidaknya sesuatu. Ketika saya mengatakan setidaknya sesuatu, maksud saya menarik kembali pasukan ke tempat mereka berada sebelum 24 Februari, hari invasi Rusia dimulai. Saya percaya itu akan menjadi langkah yang tepat untuk dilakukan Rusia,” katanya.

Zelensky juga menjelaskan bahwa Ukraina ingin mengusir pasukan Rusia dari semua wilayah yang direbut.

"Ukraina akan berjuang sampai merebut kembali semua wilayahnya. Ini tentang kemerdekaan dan kedaulatan kita," katanya.

Menghadiri forum Davos secara langsung, Menteri Luar Negeri Ukraina Dmytro Kuleba mengatakan: situasi di wilayah Donbas timur negaranya adalah "sangat buruk."

Kuleba menyerukan negara-negara sahabat - terutama Amerika Serikat - untuk menyediakan militer Ukraina dengan beberapa sistem peluncuran roket sehingga mereka dapat mencoba untuk merebut kembali wilayah.



Saksikan live streaming program-program BeritaSatu TV di sini

Sumber: BeritaSatu.com


BERITA TERKAIT



BERITA LAINNYA












BERITA TERPOPULER


#1

#2

#3

#4

#5

#6

#7

#8

#9

#10

TERKINI