Copyright © 2022 BeritaSatu
Allright Reserved

Ketua MK Anwar Usman Resmi Jadi Adik Ipar Presiden Jokowi

Kamis, 26 Mei 2022 | 11:31 WIB
Oleh : Lenny Tristia Tambun / BW
Presiden Jokowi saat menikahkan adiknya dengan Ketua MK Anwar Usman di Solo, Kamis 26 Mei 2022. 

Solo, Beritasatu.com - Ketua Mahkamah Konstitusi (MK) Anwar Usman resmi menikahi adik Presiden Joko Widodo (Jokowi) pada Kamis (26/5/2022).

Akad nikah Anwar Usman dan Idayati digelar di Graha Saba Buana, Kota Solo, Jawa Tengah pada pukul 09.00 WIB. Kemudian nanti akan dilanjutkan dengan resepsi pernikahan pada pukul 12.00 WIB di gedung yang sama.

Idayati tampak anggun dengan kebaya putihnya beserta kerudung berwarna putih. Ia ditemani dua pendamping saat menuju kursi akad nikah, sedangkan Answar Usman mengenakan beskap Jawa warna krem dilengkapi blangkon.

Terlihat Jokowi yang menjadi wali nikah adiknya mengenakan beskap Jawa hitam.

"Saya nikahkan dan saya jodohkan dengan saudari perempuan saya, Idayati binti Noto Mihardjo, menikah dengan engkau dengan mas kawin berupa alat salat dan sebuah jam tangan dibayar tunai," kata Jokowi sambil menjabat tangan Anwar Usman.

"Saya terima nikahnya dan jodohnya Idayati binti Noto Mihardjo dengan mahar tersebut," jawab Anwar Usman dengan lancar tanpa ada jeda.

Terlihat juga Wakil Presiden KH Ma'ruf Amin menjadi saksi dari pihak perempuan dan Panglima TNI Jenderal Andika Perkasa sebagai saksi dari pihak laki-laki.

Setelah ijab kabul selesai, acara dilanjutkan dengan doa bersama untuk kedua penganten agar mereka dilimpahi berkah oleh Allah, mendapatkan tauhid dan inayah lahir dan batin, dimudahkan lapang dan jalan dalam meniti hidup dan kehidupan dalam naungan keagungan rahasia dan ridho Allah SWT.

Untuk mahar, menurut Kepala Kantor Urusan Agama (KUA) Banjarsari, Arba’in Basyir mengatakan ada dua barang, yaitu perlengkapan alat salat dan jam tangan.

"Untuk maskawinnya, insyaallah seperangkat alat salat dan sebuah jam tangan," kata Arba’in Basyir.

Dalam gedung Graha Saba Buana, terlihat ada 2 panggung sudah disiapkan. Panggung sebelah utara diisi alat band, sementara sebelah selatan berisikan alat musik gamelan.

Koordinator wedding organizer Deni Wigung mengatakan acara pernikahan Idayati dan Anwar Usman dibagi menjadi dua acara, yaitu prosesi akad nikah pada pukul 09.00-10.00 WIB dan resepsi pernikahan pada pukul 12.00 WIB.

Untuk resepsi pernikahan, lanjut Deni aka nada live musik dengan bintang tamu penyanyi jebolan Indonesian Idol Judika. Konsep resepsi nikah mengusung konsep Jawa klasik. Gamelan akan dimainkan saat akad nikah.

Menurut pemilik Asmoro Dekorasi yang dipercaya untuk mendekorasi acara pernikahan Anwar Usman dan Idayati, Ranu Asmoro, mengatakan konsep Jawa Klasik sarat dengan nilai budaya adiluhung sebagai sebuah ibadah batin manusia.

Dekorasi untuk panggung berbentuk rumah limasan yang identik dengan Jawa Tengah. Kemudian, di depan pintu masuk ada wayangan bergambar Kamajaya dan Kamaratih yang merupakan simbol keabadian dan kesetiaan.

Dalam acara pernikahan, lanjut Ranu, tidak ada prasmanan. Tetapi para tamu akan mendapatkan hampers makanan yang dapat dibawa pulang.

Idayat sendiri mempercayakan riasan wajah di hari spesialnya kepada Hemmy Rahmania atau yang lebih dikenal Heras MUA. Heras mengatakan riasan yang akan dipakai Idayati bergaya simple, modern dan natural.

"Pokoknya riasannya cuma flawless rapi, nggak pakai kayak riasan adat-adat tradisional Solo atau apa," kata Heras MUA, Senin (23/5/2022).

Hal itu dilakukan, karena Heras mengenal keluarga Jokowi yang semuanya menyukai riasan yang simple dan natural. "Soalnya pengalaman saya keluarga Pak Jokowi semua sukanya yang simple natural riasannya," ungkap Heras.



Saksikan live streaming program-program BeritaSatu TV di sini

Sumber: ANTARA


BERITA TERKAIT



BERITA LAINNYA












BERITA TERPOPULER


#1

#2

#3

#4

#5

#6

#7

#8

#9

#10

TERKINI