Copyright © 2022 BeritaSatu
Allright Reserved

Kapal Migran Tenggelam di Tunisia, 75 Orang Hilang

Kamis, 26 Mei 2022 | 12:23 WIB
Oleh : Unggul Wirawan / WIR
Satu gambar yang diambil di pelabuhan Sfax di Tunisia tengah menunjukkan mayat para migran yang ditemukan di tempat terpisah, sebelumnya tenggelam setelah perahu mereka terbalik di laut.

Tunis, Beritasatu.com- Satu kapal migran tenggelam di lepas pantai Tunisia dan mengakibatkan 76 orang hilang. Seperti dilaporkan AP, Rabu (25/5/2022), operasi penyelamatan hanya berhasil menemukan satu mayat dan puluhan orang lainnya dilaporkan hilang.

Organisasi Internasional untuk Migrasi (IOM) menyatakan bahwa 75 orang belum ditemukan dan 30 lainnya diselamatkan setelah kapal itu tenggelam di lepas pantai Sfax di Tunisia selatan.

Kepada The Associated Press, Mourad Turki, juru bicara pengadilan Sfax, mengatakan bahwa mereka yang diselamatkan berusia antara 18 dan 40 tahun dan dari berbagai negara, termasuk orang-orang dari Bangladesh, Mesir, Maroko, dan Kamerun.

Turki menambahkan bahwa jumlah awal mereka yang hilang adalah sementara dan dapat meningkat.

Esma Rihane, juru bicara IOM, mengatakan bahwa angkatan laut Tunisia terus menyisir daerah itu dan mencari korban yang hilang.

Kapal tersebut dilaporkan berangkat dari Zuwara di Libya utara pada Minggu malam. Menurut Pengawal Nasional Sfax, kapal itu kandas 10 kilometer dari pulau Kerkennah, di lepas pantai Tunisia.

Zuwara berfungsi sebagai titik keberangkatan bagi para migran dari Libia yang berusaha mencapai pantai Italia melalui laut. Juli lalu, satu kapal yang membawa 127 migran dari Zuwara tenggelam di Zarzis, sebuah pelabuhan di Tunisia selatan, menyebabkan 43 orang hilang.

Menurut IOM, Mediterania tengah, yang menghubungkan Libia dan negara-negara Maghreb ke Italia atau Malta, adalah rute migrasi paling berbahaya di dunia.

Badan PBB memperkirakan bahwa lebih dari 1.500 orang meninggal atau hilang di daerah itu pada tahun 2021 dan lebih dari 500 sejauh ini pada tahun 2022.



Saksikan live streaming program-program BeritaSatu TV di sini

Sumber: BeritaSatu.com


BERITA TERKAIT



BERITA LAINNYA












BERITA TERPOPULER


#1

#2

#3

#4

#5

#6

#7

#8

#9

#10

TERKINI