Copyright © 2022 BeritaSatu
Allright Reserved

HUT Ke-22 Apeksi, Momentum Kepala Daerah Bertukar Gagasan

Kamis, 26 Mei 2022 | 23:30 WIB
Oleh : Roy Triono / WM
Wali Kota Bogor, yang juga Ketua Apeksi, Bima Arya bersama Wali Kota Bandar Lampung Eva Dwiana usai menghadiri usai menghadiri pelantikan Pengurus ALTI Lampung, di Aula Gedung Semergou, Kompleks Pemkot Bandar Lampung, Kamis, 26 Mei 2022

Bandar Lampung, Beritasatu.com - Ketua Asosiasi Pemerintah Kota Seluruh Indonesia (Apeksi) Bima Arya menyebut HUT ke-22 Apeksi merupakan momentum berharga bagi setiap kepala daerah untuk bertukar gagasan.

Menurut Bima Arya, hal tersebut karena kegiatan yang diikuti 98 pemerintah kota (pemkot) itu terlaksana ketika negara mulai peralihan pandemi menuju endemi.

"Momentum HUT ke-22 Apeksi yang berlangsung di kota Bandar Lampung harus dapat diimanfaatkan untuk saling bertukar gagasan," kata Bima Arya di Bandar Lampung, Kamis (26/5/2022).

Bima Arya mengungkapkan, saat ini berbagai daerah sedang berupaya melakukan pemulihan ekonomi akibat dampak pandemi. Salah satu yang banyak dilakukan adalah mendorong dan mengembangkan kegiatan UMKM.

"Karena hal tersebut, maka kita semua harus merapatkan barisan menjemput peluang mendorong UMKM di kota masing-masing," ujar Wali Kota Bogor tersebut usai menghadiri pelantikan pengurus ALTI Lampung.

Bima Arya mengungkapkan, pemkot tidak bisa hanya mengandalkan APBD untuk melakukan pemulihan. Untuk itu, setiap wali kota harus mampu melakukan kolaborasi dengan berbagai pihak.

Menurut Bima Arya, APBD tidak bisa menopang pembangunan kota terlebih akibat dampak pandemi Covid-19. Maka, pemkot harus cerdas dalam melihat peluang dan membangun kerjasama untuk kepentingan masyarakat.

"Pemerintah kota harus bisa berkolaborasi dengan berbagai bidang, tidak bisa hanya mengandalkan APBD," tutup Bima Arya.

Diketahui 58 wali kota dari berbagai wilayah di Indonesia menghadiri secara langsung kegiatan HUT ke-22 Apeksi yang digelar di Kota Bandar Lampung, Provinsi Lampung, dari 27 Mei hingga 29 Mei 2022.



Saksikan live streaming program-program BeritaSatu TV di sini

Sumber: BeritaSatu.com


BERITA TERKAIT



BERITA LAINNYA












BERITA TERPOPULER


#1

#2

#3

#4

#5

#6

#7

#8

#9

#10

TERKINI