Copyright © 2022 BeritaSatu
Allright Reserved

India Tak Berencana Segera Cabut Larangan Ekspor Gandum

Jumat, 27 Mei 2022 | 08:50 WIB
Oleh : Unggul Wirawan / WIR
Piyush Goyal

New Delhi, Beritasatu.com- India tidak berencana segera untuk mencabut larangan ekspor gandum. Meskipun demikian, seperti dilaporkan Reuters, Kamis (26/5/2022), Menteri Perdagangan Piyush Goyal mengatakan India akan melanjutkan kesepakatan yang dilakukan langsung dengan pemerintah lain.

Produsen gandum terbesar kedua di dunia itu melarang penjualan biji-bijian swasta ke luar negeri pada 14 Mei setelah gelombang panas yang menyengat membatasi produksi dan harga domestik mencapai rekor tertinggi. Harga gandum global melonjak setelah keputusan tersebut.

"Saat ini, ada ketidakstabilan di dunia. Jika kita melakukan itu (mencabut larangan), itu hanya akan membantu pemasar gelap, penimbun dan spekulan. Itu juga tidak akan membantu negara-negara yang benar-benar rentan dan membutuhkan," kata Goyal ketika ditanya apakah New Delhi memiliki rencana untuk mengizinkan ekspor swasta dilanjutkan.

Banyak negara pengimpor gandum, termasuk negara anggota G-7, telah meminta India untuk mempertimbangkan kembali keputusannya untuk melarang penjualan gandum ke luar negeri.

"Cara yang lebih cerdas untuk melakukannya adalah melalui jalur pemerintah-ke-pemerintah, saat kami dapat memberikan gandum yang terjangkau kepada masyarakat miskin yang paling rentan," katanya dalam satu wawancara pada Rabu (25/5) di Forum Ekonomi Dunia (WEF) di Davos.

Bulan ini, Menteri Pertanian Amerika Serikat (AS) Tom Vilsack menyatakan "keprihatinan yang mendalam" tentang larangan tersebut.

Goyal juga mengatakan telah berhubungan dengan Organisasi Perdagangan Dunia (WTO) dan Dana Moneter Internasional (IMF) untuk menjelaskan alasan di balik larangan ekspor gandum India.



Saksikan live streaming program-program BeritaSatu TV di sini

Sumber: BeritaSatu.com


BERITA TERKAIT



BERITA LAINNYA












BERITA TERPOPULER


#1

#2

#3

#4

#5

#6

#7

#8

#9

#10

TERKINI