Copyright © 2022 BeritaSatu
Allright Reserved

Singapura dan Jepang Kerja Sama Transformasi Digital

Jumat, 27 Mei 2022 | 11:47 WIB
Oleh : Unggul Wirawan / WIR
Perdana Menteri Singapura Lee Hsien Loong (kiri) berjabat tangan dengan Perdana Menteri Jepang Fumio Kishida (kanan) dalam pertemuan bilateral di Tokyo pada Kamis 26 Mei 2022. 

Tokyo, Beritasatu.com- Singapura dan Jepang telah menandatangani dua perjanjian bilateral termasuk peningkatan transformasi digital pada Kamis (26/5/2022). Seperti dilaporkan CNA, selain peningkatan transformasi digital, kedua negara juga sepakat mempromosikan aliran kewirausahaan.

Penandatanganan perjanjian pada Kamis (26/5) disaksikan oleh Perdana Menteri Singapura Lee Hsien Loong dan Perdana Menteri Jepang Kishida Fumio, dalam perjalanan kerja empat hari Lee ke Tokyo.

Nota Kerja sama lainnya tentang transformasi pemerintahan digital ditandatangani oleh Menteri Senior Negara untuk Komunikasi dan Informasi dan Menteri yang bertanggung jawab atas GovTech Janil Puthucheary, dan Menteri Digital Jepang dan Menteri yang bertanggung jawab atas Reformasi Administratif, Karen Makishima.

Menurut GovTech, perjanjian tersebut melibatkan pertukaran informasi tentang kerangka kerja pemerintah digital dan praktik terbaik, yang mencakup topik-topik seperti identitas digital, kecerdasan buatan (AI) dan layanan komputasi awan.

“Pertukaran semacam itu akan menguntungkan desain dan pengembangan layanan digital bagi warga dan bisnis kami,” tambah GovTech.

“Singapura dan Jepang akan mengeksplorasi pengakuan timbal balik atas kredensial terverifikasi untuk identitas digital penduduk mereka, yang akan menguntungkan perdagangan digital dan arus orang-ke-orang antara kedua negara,” kata GovTech.

Perjanjian tersebut juga dibangun di atas bidang kerja sama yang ada, termasuk MOC antara kementerian komunikasi kedua negara tentang ekonomi digital, AI, keamanan siber dan teknologi informasi dan komunikasi.

Sementara itu, One Memorandum of Cooperation bertujuan untuk meningkatkan arus pengusaha dan perusahaan antara kedua negara, dengan mempromosikan akses yang lebih besar ke ekosistem start-up dan inovasi.

"Nota Kerja sama, yang didasarkan pada perjanjian sebelumnya yang ditandatangani pada 2018, akan fokus pada bidang-bidang yang muncul seperti transformasi digital dan transformasi hijau," kata Enterprise Singapore, yang menandatangani perjanjian dengan Japan External Trade Organisation.

Kedua belah pihak akan mengeksplorasi inisiatif, seperti sesi pencocokan bisnis untuk membantu perusahaan Singapura dan Jepang terhubung dengan akselerator, mitra bisnis, dan investor.

“Ini akan memberdayakan bisnis untuk membangun pengetahuan pasar, mengakses peluang baru dan memperdalam kemitraan mereka dengan perusahaan rintisan dan jaringan keanggotaan perusahaan,” tambahnya.

Di luar kesepakatan tersebut, Singapura dan Jepang juga akan membentuk Japan-Singapore Economic Dialogue (JSED).

JSED akan dipimpin di tingkat Wakil Menteri atau Sekretaris Tetap. Dialog tersebut akan membahas peningkatan kerja sama ekonomi, termasuk proposal Jepang tentang Asia-Japan Investing for the Future Initiative, yang disambut baik oleh Singapura.

Jepang adalah mitra dagang terbesar ke-8 Singapura pada tahun 2021. Total perdagangan barang dagangan antara Singapura dan Jepang tumbuh 8,6 persen YoY menjadi S$ 53,9 miliar (Rp 573 triliun).



Saksikan live streaming program-program BeritaSatu TV di sini

Sumber: BeritaSatu.com


BERITA TERKAIT



BERITA LAINNYA












BERITA TERPOPULER


#1

#2

#3

#4

#5

#6

#7

#8

#9

#10

TERKINI